Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah

Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah
Ilmu Dunia dan Akhirat- Kuliah sudah di ujung mata. Mengingat saya sendiri sudah MA kelas 3 maka bersiap untuk melanjutkan kuliah di salah satu perguruan Tinggi di Indonesia. Target saya sebenernya berada di Universitas Negeri di daerah Kota Malang sana.

Kebingungan pasti melKamu semua orang yang akan memasuki wilayah memilih jurusan. Maka dari itulah, saya akan memberikan beberapa Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah yang saya dapat dari Kompas.com. tentu saja saya menambahkan sendiri beberapa hal yang berkaitan dengan pemilihan Universitas untuk kuliah. Bukan hanya itu saja, banyak pertimbangan untuk meilih universitas. Berikut ini beberapa Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah :


1. Kegiatan akademis dan non-akademis

Tanya kepada alumni teman, bagaimana keadaan kegiatan akademis dan non akademis. Kita pikirkan kegiatan akademisnya. Seperti OSPEK kegiatan akademis yang lainnya. Apa sesuai dengan keinginan atau tidak. Apakah kira-kira sesuai dengan diri kita atau tidak. Lalu, lihat dari segi non-akademis. Karena kuliah itu melatih skill akademis dan non akademis.

Tapi jangan hanya bayang bayang saja, tanyalah kepada pihak universitas atau para mahasiswa di sana. Karena, kalau cuman di bayangkan saja, bisa salah kaprah. Karena Universitas dan Sekolah menengah itu beda. Maksudnya adalah pikiran kita antara sekolah dan kuliah itu sudah beda sangat.


2. Jarak dari tempat tinggal

Jarak dari rumah atau tempat tinggal sering diabaikan dalam memilih sebuah universitas. Jika Kamu memang masih ingin tinggal di rumah atau pulang pada akhir pekan, pilihlah universitas yang tidak menghabiskan ongkos terlalu banyak.

Alternatif jika Kamu ingin berkuliah jauh dari rumah orangtua adalah tinggal di rumah saudara, di asrama universitas atau nge-kos. Ingat, biaya hidup sehari-hari di luar ongkos tentu akan lebih besar daripada tinggal di rumah orangtua. Namun, jangan khawatir, kampus-kampus selalu menyediakan beasiswa untuk meringankan beban mahasiswa yang berprestasi.

3. Durasi studi

Masukkan durasi studi sebagai pertimbangan dalam memilih universitas yang dituju. Kamu mau lulus dalam tiga atau empat tahun? Itu akan membuat Kamu mempersiapkan diri pula sejak awal berkuliah.

Setiap universitas juga memiliki batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga memiliki kecenderungan durasi kelulusan yang berbeda. Pertimbangkan hal ini sejak awal memilih dengan banyak bertanya.

4. Kenali dengan baik

Jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Jika Kamu memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai universitas yang Kamu tuju.

Jangan sekadar percaya dengan situs web perguruan tinggi tersebut atau rekomendasi-rekomendasi. Kamu bisa datang langsung ke bagian konsultasi pendidikan universitas tersebut dan bertanya pada senior atau teman yang lebih dulu berkuliah di universitas tersebut


5. Nilai Untuk Masuk Ke Universitas

Ini juga harus di pertimbangkan. Bukan asal daftar tapi nilai kita tak mampu. Misalkan kemampuan atau skill kita lebih kelihatan dalam hal kepenulisan. Tapi kita malah memilihi jurusan hitung menghitung. Bagaimana nanti kelanjutannya? Tentu saja bakalan susah, mengingat skill kita terfokus apda hal kepenulisan. Jadi pikirkan juga nilai kita berapa untuk memastikan kita bisa masuk universitas mana.

6. Biaya Universitas

Inilah yang paling sering di bicarakan. Biaya untuk bisa kuliah. Memang banyak beasiswa. Tapi tentu saja untuk mendapatkan beasiswa terbilang sulit. Kesulitan paling umum terjadi karena sedikitnya informasi mengenai beasiswa yang lagi membuak “lowongan”. Bisa di bilang tak semua orang bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa. Ingat, pertimbangkan biaya agar tak menjadi beban orang tua.


Mungkin masih kurang  TipsMemilih Universitas Untuk Kuliah. Kalau kurang bisa teman teman tambahkan di kolom komentar mengenai Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah agar teman teman benar benar tak salah dalam memilih jurusan dan universitas yang kita ambil.



Tentu saja ini berkaitan dengan masa depan dan pekerjaan yang akan kita dapatkan. Masa Depan Memang Misteri. Tapi semisterinya masa depan, perlu adanya perencanaan. Jangan cuman asal ambil langkah kawan, karena orang bijak akan berpikir dua kali dalam melakukan setiap langkah. Tapi jangan terlalu lama berpikir. 



Lihat Juga Tulisan Saya Yang Lain :



5 Kota Untuk Melanjutkan Kuliah Luar Negeri

10 Lulusan Jurusan Yang Mudah Cari Kerja

Tag : Fakta Dunia
5 Komentar untuk "Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah"

Menurut saya yang paling penting itu biaya nya.

Memilih universitas memang tidak boleh sembarangan..
terimakasih atas tips-tips nya.

Artikel yang bagus...
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top