Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Post titlePIPIS TIKUS BISA BIKIN MANUSIA MATI


ShutterstockIlustrasi tikus

YOGYAKARTA,—
 Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mencatat, pada Januari 2011 ada satu warga yang menjadi suspect (terduga) leptospirosis, penyakit yang ditularkan melalui urine (pipis) tikus.
"Ada seorang warga Kelurahan Wirogunan yang diduga terjangkit leptospirosis, dan kami langsung melakukan pantauan di daerah sekitar rumah warga yang bersangkutan," kata Pelaksana Program Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Rubangi, Rabu (26/1/2011).
Warga tersebut mengalami gejala-gejala yang mirip dengan penderita penyakit leptospirosis. Namun, belum dapat dipastikan yang bersangkutan memang benar terjangkit penyakit yang bisa menyebabkan kematian itu.
"Dari pengakuan warga yang bersangkutan, ia pergi memancing di Bantul sebelum sakit, dan sekarang ia dirawat di Bantul," katanya.
Berdasarkan hasil pemantauan di lingkungan sekitar rumah warga yang diduga terjangkit leptospirosis, tidak ditemukan adanya penyebaran penyakit tersebut.
Pada 2010 terdapat empat warga yang diduga terjangkit leptospirosis, yaitu tiga kasus di Kelurahan Sorosutan dan satu kasus di Kelurahan Demangan, Kota Yogyakata. Kedua wilayah kelurahan itu berbatasan dengan Kabupaten Sleman.
Namun, dari keempat kasus itu, hanya satu orang yang dinyatakan positif menderita leptospirosis dan akhirnya meninggal dunia.
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Fita Yulia berharap masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran penyakit tersebut, terutama saat musim hujan.
"Masyarakat yang tinggal di daerah-daerah perbatasan dengan kabupaten lain perlu lebih meningkatkan kewaspadaan. Penyakit itu juga sudah muncul di Sleman dan Bantul," katanya.
Penyakit leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan bakteri leptospirosa yang hidup di tubuh tikus. Melalui urine tikus, bakteri itu dapat terbawa air.
Kemampuan hidup bakteri ini di luar tubuh tikus sekitar satu bulan sehingga akan sangat mudah menular melalui air.
Masyarakat yang rentan terkena penyakit tersebut di antaranya warga yang kerap beraktivitas di sawah, sungai, maupun selokan.
"Bakteri ini dapat masuk ke tubuh melalui luka di kulit atau makanan. Upaya yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan," katany
a
Tag : BERANDA
0 Komentar untuk "Post titlePIPIS TIKUS BISA BIKIN MANUSIA MATI"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top