Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Bahaya Radiasi Komputer dan HP


Bahaya Radiasi HP dan PC





Sekarang ini adalah jamannya teknologi informasi dan komunikasi, semua informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah melalui berbagai media yang telah berkembang. Sedangkan pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer (pemindahan) informasi antar media.
Sudah tidak diragukan lagi manfaat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam mendukung kemajuan dunia industri ataupun dalamkehidupan sehari-hari.Tapi pernahkan Anda berfikir dampak negatif dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat berbahaya buat kesehatanmanusia.
Yup, benar sekali. Dampak yang akan ditimbu
lkan adalah radiasi. Istilah radiasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi apakah kita tau arti dari radiasi itu ?
Pengertian radiasi dalam fisika, mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Beberapa jenis radiasi sangat berbahaya.
Macam-macamradiasi seperti :
Yaitu beberapa radiasi yang memiliki energi cukup untuk mengionisasi partikel.secaraumum dapat melibatkan semua elektron yang terlempar dari cangkang atomelektron,yang nantinya akan memberikan muatan positif.Hal inilah yang seringmenggangu dalam sistem biologi dan dapat menyebabkan mutasi dan kanker.
Contoh: radiasi alpha, radiasi betha, radiasi gamma.
Yaitu mengacu pada jenis radiasi yang tidak membawa energi yang cukup per foton untukmengionisasi atom/molekul.Terutama mengacu pada bentuk energi yang lebih rendahdari radiasi elektromagnetik.(yaitu gelombang radio , gelombangelektromagnetik,radiasi teraherzt,cahaya inframerah)yang kemudian membentuk ionberenergi ketika melewati materi,energi elektromagnetik hanya memeliki energiyang cukup untuk mengubah rotasi, getaran,atau elektronik konfigurasi valensimolekul dan atom.
Contoh: radiasi neutron, radiasi cahaya, radiasi thermal, radiasi elektromagnetik.
Sebelumkita membahas bahaya radiasi , kita harus tau dulu kegunaan radiasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
Dalam Kedokteran
Radiasi dan zat radioaktif digunakan untuk diagnosa, pengobatan dan penelitian.
Dalam Komunikasi
Semua sitem komunikasi modern menggunakan bentuk radiasi elektromagnetik
Dalam Iptek
Para peneliti menggunakan atom radioaktif untuk menentukan umur suatu benda berusia lama.

Dalam kehidupan sehari –hari dari  jenis TIK yang sering kita gunakan adalah telephone dalam hal ini adalah handphone dan Komputer. Di sini kita akan membahas dampak radiasi alat tersebut bagi kesehatan manusia.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini manusia sangat tergantung sekali dengan handphone terutama dalam berkomunikasi sehari-hari. Hal ini mungkin disebabkan karena makin sibuknya aktivitas manusia dan sulit untuk berbincang dengan tatap muka. Dengan demikian,  cara efektif yangditempuh adalah berbincang melalui ponsel/handphone. Selain dinilai efektif waktu juga hemat biaya apalagi sekarang pulsa sudah tidak semahal era tahun 1990-an. Banyak operator yang bersaing menawarkan tarif yang lebih murah. Jelas itu sangat menguntungkan konsumen seperti kita. Tetapi kita harus berhati hati juga karena menggunakan handphone terlalu lama akan  berbahaya buat kesehatan.
Pernahkan Anda mendengar bahwa radiasi handphone bisa mengakibatkan kanker otak? Wah, mendengarnya saja mengerikan. Meskipun belum terbukti kebenarannya, tetapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi sangat tinggi. BadanFCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yang dipancarkan handphone. Kekuatan radiasi handphone akan diterima oleh otak. SAR (Specific Absorbtion Rate) diukur dalam satuan watt/kg. FCC menetapkan bahwa semua handphone yang memancarkan radiasi diatas 1,6 watt/kg dilarang untuk diproduksi (di Amerika Serikat). Anda bisa mencari informasi melalui internet berapa tingkat radiasi handphone Anda. Apakahbisa dikatakan Aman?
Ada beberapa cara / Tips untuk mengurangiradiasi :
Jika memungkinkan gunakan peralatan tambahan misalnya headset ketika sedang berbicara dengan handphone.
Sebisa mungkin kalau masih bisa SMS jangan telpon, karena energi yang digunakan dalam SMS sangat kecil sehingga radiasinya juga kecil. Di samping itu juga hemat biaya kan?
Hindari penggunaan handphone jika beradadi tempat tempat yang sinyalnya lemah. Karena semakin lemah sinyal energi yang bekerja, maka  semakin besar radiasinya.
Hindari pula penggunaan handphone pada anak-anak, karena otak anak-anak dapat menerima energi yang lebih cepat danlebih banyak daripada orang dewasa.


Hampir setiap hari kita menggunakan komputer terutama yang bekerja diperkantoran dan mengerjakan tugas seperti anak sekolah dan mahasiswa. Selain sudah tidak diragukan lagi kegunaan komputer bisa membantu mempermudah pekerjaan kita. Namun ada dampak negatif yang diakibatkan terutama karena kita sering menggunakannya. Salah satu organ kita yang rawanterkena adalah mata. Radiasi yang dikeluarkan lewat monitor pada komputer bisa  menyebabkan kerusakan mata secara perlahan. Namun jangan kuatir seiring dengan berkembangnya zaman, monitor pada komputer sekarang di desain khusus dengan model slim sehingga dapat memperkecil radiasi yang ditimbulkan.
Untuk mengurangi radiasi komputer ada halyang perlu diperhatikan :
Berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan, disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik secara berdekatan karena akan menyebabkan radiasi yang besar.
Dalam menata letak komputer diusahakan juga untuk bagian belakang komputer tidak menghadap ke orang lain, karena radiasi yang paling besar ditimbulkan adalah bagian tersebut.
Menjaga jarak mata dengan layar monitor (minimal 30 cm).
Mengatur tinggi rendah monitor agar sejajar dengan mata.
Jangan menggunakan komputer di ruang yang pencahayaannya kurang.
Gunakan Monitor yang sudah berbentuk plasma (slim).
Dalam kehidupan sehari hari kita tidakbisa menghindar dari pengaruh gelombang elektromagnetik, tapi kita juga harusmampu melindungi diri dengan sikap yang positif dan inisiatif tetapi tanpa perlu merasa ketakutan.Walaupun sudah jelas pengaruh gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan kanker. Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin tetapi juga harus waspada dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. (Evatona Aprilia D.A.)
Sumber:
Sumber Gambar :
Tag : BERANDA, SCIENCE
0 Komentar untuk "Bahaya Radiasi Komputer dan HP"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top