Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

NASA: SpaceX Luncurkan Misi Kargo Tak Berawak ke ISS


detail berita
SpaceX (Foto: Google)
CALIFORNIA - National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengatakan, ada kesempatan bagi Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) untuk menjadi perusahaan swasta pertama yang meluncurkan pesawat ruang angkasa pada misi kargo tak berawak ke stasiun ruang angkasa internasional atau International Space Station (ISS).

"Semuanya tampak berjalan dengan baik menuju tanggal peluncuran 30 April 2012. Masih ada beberapa pekerjaan yang tersisa sebelum peluncuran tersebut dapa diselesaikan," ujar NASA Associate Administrator Human Exploration and Operations, Bill Gerstenmaier, seperti dilansir Space-travel, Selasa (17/4/2012).

Menurut Program Manager International Space Station, Michael Suffredini mengatakan, tujuan utama dari penerbangan SpaceX ini adalah menguji coba perjalanan menuju ke ISS dan operasi penggunaan kapal ruang angkasa yang bernama Dragon. Kapal ruang angkasa Dragon ini akan membawa kargo dengan berat 521 kg dan kemudian akan kembali ke Bumi dengan membawa muatan seberat 660 kg.

Dia juga mengabarkan, misi tersebut untuk beberapa tugas seperti verifikasi prosedur dan kordinasi baik hardware maupun software yang ia gambarkan sebagai "the last little bit of testing" atau pengujian terakhir. "Kami akan meninjau semuanya dan dengan asumsi semuanya terkendali dengan baik, kami akan memulai peluncuran," pungkasnya.

Sementara itu, SpaceX merupakan perusahaan yang bergerak di bidang space transport asal California. SpaceX dimiliki oleh Internet entrepreneur dan pendiri PayPal, Elon Musk. SpaceX pernah meluncurkan pesawat ruang angkasa Dragon pada Desember 2010 serta menjadi perusahaan penerbangan luar angkasa pertama yang berbasis komersil.

Informasi yang terungkap sebelumnya menyatakan, NASA dan Space Exploration Technologies (SpaceX) mengundang 50 orang dari pengikut media sosial, selama dua hari (29 & 30 April 2012). Orang-orang yang beruntung ini dapat menghadiri demonstrasi penerbangan Commercial Orbital Transportation Service (COTS) kedua pada Kennedy Space Center di Florida.

Para tamu ini akan melihat peluncuran, perjalanan tur seputar fasilitas NASA di Kennedy, berbicara dengan perwakilan dari kedua organisasi (NASA dan SpaceX) serta melihat landasan peluncuran roket SpaceX. Selain itu, mdreka juga dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa yang juga aktif di media sosial, bertemu dengan anggota SpaceX dan tim media sosial NASA.

Rocket Falcon 9 dari SpaceX ini ditargetkan akan meluncur pada pukul 12.22 p.m, menurut waktu Eastern Daylight Time (EDT) pada 30 April 2012. Hal ini menunjukkan perusahaan komersial pertama yang mengirimkan pesawat antariksa ke International Space Station. (fmh)

Sumber : Okezone.com

Tag : BERANDA, BERITA
0 Komentar untuk "NASA: SpaceX Luncurkan Misi Kargo Tak Berawak ke ISS"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top