Home » , » Soal Sosiologi Semester II Kelas X 2012 Paket A

Soal Sosiologi Semester II Kelas X 2012 Paket A

Written By Naufaldi Rafif Satriya on Friday, June 1, 2012 | 11:26 AM


A. Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Saat kecil, Hotma diberitahu
neneknya bahwa memakan biji cabai
akan menumbuhkan pohon cabai di
atas kepalanya.Namun berkali-kali
Hotma menelan biji cabai, ternyata
tidak pernah tumbuh pohon cabai di
kepalanya. Hotma menyimpulkan
bahwa anggapan tentang biji cabai
itu tidaklah benar.
Pengalaman Hotma menghasilkan
satu pengetahuan baru baginya,
karena . . . . .
a. didasarkan pada pengamatan
sepintas lalu
b. berasal dari pengetahuan warisan
leluhur
c. ternyata ada orang yang kepalanya
ditumbuhi pohon cabai
d. biji cabai membuat Hotma semakin
cerdas

e. kesimpulan dapat dibuktikan
melalui pemeriksaan pancaindra

2. Yang diberi gelar sebagai Bapak
Sosiologi Modern ialah . . . .
a. Talcott Parson
b. Max Weber
c. Auguste Comte
d. Karl Marx
e. Emile Durkheim

3. Dua kegunaan sosiologi adalah untuk
. . . .
a. perencanaan dan pembangunan
masyarakat
b. pembangunan dan penelitian
ilmiah
c. meningkatkan daya dan kemampuan
manusia
d. mempelajari kehidupan manusia
dan masyarakat
e. membicarakan fakta-fakta dan
data-data

4. Teori baru sosiologi merupakan penyempurnaan
teori-teori yang sudah
ada. Hal ini menunjukkan bahwa
sosiologi bersifat . . . .
a. empiris
b. teoretis
c. kumulatif
d. bukan etika
e. logis

5. Peneliti mengadakan pengamatan
langsung terhadap gejala-gejala yang
diselidiki. Teknik pengumpulan data
tersebut dinamakan . . . .
a. observasi
b. interview
c. questioner
d. angket
e. inquiry

6. Perbedaan antara fakta dan data
ditunjukkan oleh pernyataan . . . .
a. fakta adalah kenyataan, sedangkan
data merupakan kumpulan
fakta
b. data adalah kenyataan, sedangkan
fakta merupakan temuan
yang belum diuji kebenarannya
c. fakta diperoleh dari penelitian,
sedangkan data sebagai pendukung
penelitian
d. data merupakan suatu pelengkap
dari fakta yang telah ada
e. setiap data merupakan suatu
fakta, sebaliknya tidak setiap
fakta merupakan data

7. Yang termasuk unsur-unsur kebudayaan
universal di antaranya adalah
. . . .
a. bahasa dan adanya Sumpah
Pemuda
b. keanekaragaman budaya dan
suku bangsa

160 Sosiologi Kelas X

Perhatikan pernyataan berikut!
1) Menerapkan sistem kekerabatan
unilateral.
2) Dasar pewarisan ditarik melalui
garis ayah atau ibu.
3) Cara berpikirnya irasional
dan magis.
4) Menggunakan nama keluarga
ayah atau ibu.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk
ciri-ciri kekerabatan adalah
nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 1) dan 4)
d. 2) dan 3)
e. 2) dan 4)

13.
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Persamaan budaya.
2) Persamaan bahasa.
3) Persamaan cita-cita.
4) Persamaan asal daerah.
5) Persamaan nasib.
Manakah yang sesuai dengan definisi
suku bangsa sebagai suatu kelompok
sosial?
a. 1), 3), dan 5)
b. 2), 3), dan 4)
c. 3), 4), dan 5)
d. 1), 2), dan 4)
e. 2), 4), dan 5)

14. Dua syarat terjadinya interaksi sosial
adalah . . . .
a. kontak sosial dan reaksi sosial
b. kontak sosial d`n komunikasi
sosial
c. komunikasi sosial dan reaksi
sosial
d. reaksi sosial dan hubungan
sosial
e. hubungan sosial dan kontak
sosial
c. sistem ilmu pengetahuan dan
kesenian
d. organisasi kemasyarakatan dan
partai politik
e. sistem mata pencaharian dan
lapangan kerja

8. Yang termasuk kebudayaan immaterial
adalah . . . .
a. moral dan pakaian
b. pandangan hidup dan peralatan
c. alat-alat produksi dan kepercayaan
d. falsafah hidup dan gagasan
e. rumah adat dan candi-candi

9.
1) Adanya kelompok manusia.
2) Telah bertempat tinggal
lama.
3) Adanya peraturan yang
dipatuhi.
4) Adanya ikatan adat-istiadat.
5) Adanya persamaan status di
antara para anggota.
Yang merupakan unsur permanen
dalam masyarakat adalah . . . .
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 4), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 2), 3), dan 4)

10. Dasar terbentuknya komunitas ialah
. . . .
a. individu
b. adat-istiadat
c. norma
d. identitas
e. lokalitas

11. Perasaan saling memerlukan diantara
anggota komunitas serta keyakinan
bahwa tanah yang mereka tinggali
memberikan kehidupan kepada
mereka seluruhnya disebut . . . .
a. etnosentris
b. sentimen komunitas
c. in group feeling
d. megalomania
e. chauvinisme

Latihan Ulangan Kenaikan Kelas 161

15.
Zulfikar melihat kondisi
korban kecelakaan itu parah.
Zulfikar segera menghentikan
sebuah pick up yang
sedang melintas, dan memintanya
membawa korban
ke rumah sakit.
Menurut Max Weber, tindakan
Zulfikar itu termasuk jenis . . . .
a. Zwerk Rational
b. traditional actions
c. affectual action
d. practise action
e. Werk Rational

16. Karena begitu mengidolakan Sanchai
dalam serial Meteor Garden, Susi
ikut-ikutan menata rambutnya dengan
model rebonding.
Perbuatan Susi itu merupakan contoh
. . . .
a. simpati
b. sugesti
c. identifikasi
d. imitasi
e. empati

17. Interaksi sosial antara individu
dengan kelompok terlihat pada . . .
a. Raihan menyanyikan lagu
Senyum di hadapan ribuan
peserta pengajian.
b. Tim Basket SMA Kalpataru
bertanding dengan tim Basket
SMA Nusantara.
c. Mantan Presiden RI, B.J.
Habibie, memberi kesaksian
dalam sidang kasus pelanggaran
HAM di PN Jakarta.
d. Sinta menelepon Rama supaya
menjemputnya di tempat kursus
piano.
e. Hengki menampar Dino yang
menghinanya di kelas.

18. Peranan nilai sosial dalam proses
interaksi antarindividu atau kelompok
adalah . . . .
a. menjaga keteraturan sosial
b. memberi arah orientasi tindakan
c. menjamin ketertiban umum
d. mengatur hubungan sosial
e. memenuhi kebutuhan sosial

19. Contoh perilaku yang harus
ditampilkan oleh seorang siswa ialah
. . . .
a. mendapatkan perlakuan yang
layak dari kepala sekolah, guru,
dan pegawai tata usaha
b. memperoleh kesempatan yang
sama dengan teman-teman lain
c. menghayati peraturan tata tertib
sekolah dengan baik dan
sungguh-sungguh
d. menghormati sesama teman,
guru, maupun pegawai tata
usaha
e. melaksanakan peraturan tata
tertib sekolah sepanjang hal itu
dapat memuaskan keinginan
sendiri

20.
Perhatikan konsep-konsep berikut!
1) Keluarga besar Wijayakusumah
2) Ikatan Sarjana Sosiologi
Indonesia
3) Rukun Tetangga 01 Kelurahan
Mulia
4) Harley Davidson Club
Indonesia
5) Kelompok dasa wisma
Bentuk nyata gemeinschaft of mind
ditunjukkan oleh pernyataan nomor
. . . .
a. 2) dan 5)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 5)
e. 1) dan 2)

162 Sosiologi Kelas X

21. Tahap seorang anak menirukan peranperan
yang dilakukan orang dewasa
disebut . . . .
a. play stage
b. game stage
c. preparatory stage
d. imitation
e. internalisation

22. Yang termasuk lembaga pendidikan
adalah . . . .
a. sekolah menengah atas dan
kelompok bermain Embun Bening
b. balai latihan kerja dan taman
kanak-kanak
c. SMP Negeri 17 Pekanbaru dan
perguruan tinggi swasta
d. Universitas Indonesia dan
Universitas Hasanuddin
e. sekolah alam dan LPK Mahardika

23. Penemuan baru dapat dikatakan
invention apabila . . . .
a. disebarluaskan ke masyarakat
b. disebarluaskan, diterima, dan
diterapkan ke masyarakat
c. masyarakat tidak menolak penemuan
baru
d. secara tidak sadar masyarakat
menerapkan penemuan baru
e. disebarluaskan dan diterima masyarakat

24.
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kontak dengan kebudayaan
lain.
2) Sistem pelapisan sosial yang
tertutup.
3) Penduduk yang heterogen.
4) Takut akan terjadi kegoyahan
pada integrasi sosial dan budaya.
5) Sistem pendidikan yang maju.
6) Konservatisme masyarakat.
Tiga faktor yang merupakan rintangan
perubahan sosial budaya dalam
masyarakat adalah nomor . . . .
a. 1), 2), dan 3)
b. 2), 3), dan 5)
c. 2), 4), dan 6)
d. 1), 4), dan 6)
e. 4), 5), dan 6)

25. Salah satu faktor perubahan sosial
yang berasal dari luar masyarakat
adalah . . . .
a. perubahan struktur sosial
b. pergeseran nilai dan sikap
c. timbulnya peperangan
d. terjadinya ledakan penduduk
e. adanya penemuan baru

26.
Pada saat ulangan, tidak satu
pun siswa yang menyontek.
Hal ini menunjukkan bahwa para
siswa menjunjung tinggi nilai . . . .
a. immaterial
b. keindahan
c. moral
d. kerohanian
e. material

27. Dian mencium tangan ibunya saat
akan berangkat les. Di tempat lain,
Dina melambaikan tangan pada
ibunya saat akan berangkat sekolah.
Walaupun perbuatan Dian dan Dina
dilakukan sebagai bentuk penghormatan
terhadap orang tua, namun
berbeda bentuknya. Realitas sosial
ini menunjukkan bahwa nilai sosial
. . . . .
a. berisi anggapan dari berbagai
objek dalam masyarakat
b. bervariasi antarmasyarakat yang
berbeda
c. merupakan hasil interaksi sosial
antarwarga
d. terbentuk melalui proses belajar
e. berpengaruh berbeda terhadap
setiap individu
28. Norma dijadikan sebagai pedoman
hidup dalam memenuhi kebutuhan
sosial, karena . . . .
a. norma adalah peraturan hidup
yang berisi perintah dan larangan

Latihan Ulangan Kenaikan Kelas 163

b. kebutuhan sosial terwujud dalam
usaha memenuhi kebutuhan
dasar
c. dalam memenuhi kebutuhan
sosial manusia memerlukan
pedoman hidup
d. tanpa pedoman hidup, kehidupan
masyarakat akan kacau-balau
e. tanpa norma tidak akan tercipta
keseimbangan sosial dalam
kehidupan

29. Menurut aturan Banjar pada masyarakat
Bali, warga Banjar yang tidak
mau terlibat dalam pasuka-dukaan
akan dikucilkan.
Aturan Banjar tersebut termasuk
contoh . . . .
a. cara
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. adat-istiadat
e. undang-undang

30. Keluarga merupakan sarana pewarisan
kebudayaan yang pertama
karena . . . .
a. keluarga memenuhi kebutuhan
fisik anak
b. keluarga mengenalkan nilai-nilai
dan norma budaya kepada anak
c. dapat mengatur anak sesuai
kemauan orang tua
d. dapat menentukan martabat
anak
e. perantara untuk pewarisan
budaya

31.
Perhatikan pernyataan di
bawah ini!
1) Sebagai tempat sosialisasi
paling dini.
2) Menanamkan nilai-nilai
dasar kehidupan.
3) Merupakan sarana transfer
ilmu dan teknologi.
4) Sebagai wadah aktualisasi
diri di luar keluarga.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk
peran sosialisasi primer dan
sekunder adalah nomor . . . .
a. 1), 2) dan 3), 4)
b. 1), 3) dan 2), 4)
c. 1), 4) dan 2), 3)
d. 2), 3) dan 1), 4)
e. 2), 4) dan 3), 1)

32. Karena keluarga selalu menyebut diri
Alya sebagai anak rajin, Alya merasa
bahwa dirinya rajin. Oleh karena itu
Alya berusaha membuktikan bahwa
dirinya memang anak rajin kepada
lingkungan sekitar.
Terbentuknya kepribadian Alya dapat
dijelaskan dengna menggunakan
teori . . . .
a. konflik budaya
b. anomi
c. cermin diri
d. dramaturgi
e. kontrak sosial

33.
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Melibatkan kedua anaknya
dalam kerja bakti di kampung.
2) Melarang kedua anaknya bergaul
dengan teman-temannya
yang berasal dari keluarga
kurang mampu.
3) Menyadarkan anaknya atas
limpahan rahmat yang Tuhan
YME berikan, sementara
banyak orang yang hidup
menderita di sekitarnya.
4) Menjelaskan kepada kedua
anaknya bahwa semua gelandangan
itu jahat.
5) Mengajak kedua anaknya berkunjung
ke panti asuhan.
Pak Budiman ingin kedua anaknya
mempunyai kepedulian sosial tinggi.
Untuk itu, dia dapat menempuh cara
. . . .

164 Sosiologi Kelas X

a. 1) dan 3)
b. 2) dan 3)
c. 3) dan 4)
d. 4) dan 5)
e. 2) dan 5)

34. Tiga faktor yang memengaruhi kepribadian
adalah . . . .
a. warisan alam, pendidikan, dan
agama
b. pendidikan, warisan harta, dan
hereditas
c. warisan budaya, hereditas, dan
pendidikan
d. lingkungan alam, warisan biologis,
dan lingkungan sosial
e. agama, warisan budaya, dan hereditas

35.
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Proses komunikasi bersifat
memerintah.
2) Otonomi pada anak atau
individu muda.
3) Orang tua sebagai pusat.
4) Komunikasi bermakna interaksi.
5) Kebutuhan anak dianggap
penting.
Yang merupakan ciri-ciri sosialisasi
partisipatif adalah . . . .
a. 1), 3), dan 5)
b. 1), 4), dan 5)
c. 1), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5)
e. 2), 4), dan 5)

36. Sekolah akan gagal mensosialisasikan
nilai dan norma kepada
siswa apabila . . . .
a. guru bersedia memberi teladan
bagi siswa
b. fasilitas pengajaran di sekolah
tidak lengkap
c. para siswa berasal dari keluarga
berlatar belakang ekonomi
lemah
d. tiada tata tertib sekolah dengan
sanksi tegas bagi pelanggarnya
e. guru menggunakan pendekatan
persuasif dalam menumbuhkan
kesadaran siswa

37. Mengapa kelompok membawa
pengaruh yang besar pada individu?
a. Kelompok memiliki nilai dan
norma khusus yang disosialisasikan
kepada anggota.
b. Kelompok terdiri atas berbagai
orang yang bergabung menjadi
satu.
c. Setiap kelompok menempati
wilayah yang berbeda-beda dan
tidak saling berhubungan.
d. Setiap kelompok mempunyai
pemimpin yang berbeda.
e. Anggota kelompok satu tidak
menjadi anggota kelompok lain.

38. Media sosialisasi ini sangat efektif
dalam menyebarkan pengetahuan
pada masyarakat. Dia dapat mengubah
opini umum dan gaya hidup
masyarakat. Media sosialisasi yang
dimaksud adalah . . . .
a. majalah, radio, dan keluarga
b. film, tabloid, dan televisi
c. koran, televisi, dan teman
sepermainan
d. sekolah, radio, dan keluarga
e. televisi, majalah, dan sekolah

39.
Perhatikan perilaku menyimpang
berikut!
1) Sikap boros dan suka berfoyafoya
di kalangan selebritis.
2) Homo seksual yang dilakukan
kaum gay di kota besar.
3) Perkelahian pelajar yang
menewaskan seorang siswa
SMA.
4) Penodongan yang dilakukan
penjahat terhadap sopir taksi.
Dari daftar tersebut di atas, yang
termasuk tindak kejahatan adalah
nomor . . . .
Latihan Ulangan Kenaikan Kelas 165
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 1) dan 4)
d. 2) dan 3)
e. 3) dan 4)

40. Seseorang yang tinggal di lingkungan
dengan warga yang berperilaku menyimpang
akan berperilaku menyimpang
pula. Fenomena ini dapat
dijelaskan melalui teori . . . .
a. sosialisasi
b. anomi
c. transmisi budaya
d. konflik kelas sosial
e. pemberian cap

41. Pada umumnya, tawuran pelajar disebabkan
oleh hal-hal remeh. Namun
karena alasan solidaritas, maka
konflik meluas menjadi antarsekolah.
Hal ini menunjukkan bahwa . . . .
a. perilaku menyimpang lahir dari
sosialisasi yang tidak tepat
b. terjadi sekularisasi diri pelajar
c. solidaritas boleh menjadi alasan
melakukan kejahatan
d. perkelahian pelajar bukan tindak
kriminal
e. terjadi perubahan norma menuju
kondisi yang lebih baik

42. Perhatikan jenis-jenis pengendalian
sosial berikut!
Pengendalian sosial yang dikategorikan
bersifat preventif adalah
nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 4)

43. Setelah perceraian kedua orang
tuanya, Didu menjadi seorang pemabuk
dan sering membolos dari
sekolah. Contoh tersebut merupakan
perilaku menyimpang yang dilatarbelakangi
oleh faktor . . . .
a. masuknya unsur budaya asing
b. kurangnya pengawasan sekolah
c. lemahnya sanksi bagi pelanggar
d. proses sosialisasi tidak sempurna
e. adanya subkebudayaan yang
menyimpang

44. Untuk menghadapi perilaku negatif
remaja, pengendalian sosial yang
efektif adalah metode . . . .
a. kompulsif
b. progresif
c. represif
d. persuasif
e. koersif

45.
Contoh di atas termasuk pengendalian
sosial secara . . . .
a. preventif
b. edukatif
c. represif
d. persuasif
e. koersif

46. Pada masa pemerintahan Orde Baru,
beberapa pejabat negara terlibat
kasus KKN yang merugikan rakyat
maupun negara. Kasus ini menunjukkan
lemahnya sistem pengendalian
sosial negara pada lembaga . . . .
1) Gosip atau desas-desus adanya
korupsi di perusahaan.
2) Teguran secara langsung
terhadap siswa yang terlambat.
3) Pendidikan budi pekerti di
sekolah negeri dan swasta.
4) Penghayatan agama yang
dipahami secara baik dan
benar.
Agar kota tampak indah dan
bersih, pemerintah daerah mengajak
dan mengimbau para pedagang
kaki lima untuk menempati
kios-kios yang sudah disediakan.

166 Sosiologi Kelas X

a. keagamaan, kepolisian, dan
kehakiman
b. keamanan, pendidikan, dan
kepolisian
c. pendidikan, kepolisian, dan
kehakiman
d. pendidikan, kepolisian, dan
kejaksaan
e. kepolisian, kejaksaan, dan
kehakiman

47.
Dari kasus tersebut dapat disimpulkan
bahwa masyarakat menganggap
. . . .
a. kekuasaan dan wewenang ada
di tangan penguasa
b. terdapat hubungan yang selaras
antara nilai dan norma
c. terdapat hubungan yang harmonis
antara hukum dan kekuasaan
d. ada pandangan bahwa tanah
selalu menimbulkan masalah
e. semua persoalan harus diselesaikan
di pengadilan

48. Membuang sampah di sepanjang
aliran sungai akan didenda
Rp100.000,00.
Alat pengendalian sosial yang
dilakukan dengan cara ini disebut . . . .
a. cemoohan
b. ostrasisme
c. hukum
d. intimidasi
e. gosip

49. Pengendalian secara informal terhadap
perilaku menyimpang dalam
masyarakat dijalankan oleh . . . .
a. polisi
b. aparat sipil
c. kepala desa
d. tokoh masyarakat
e. pejabat pemerintah

49. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Dikenakan hukuman kurungan.
2) Dikucilkan dari masyarakatnya.
3) Gosip luas secara lisan.
4) Diharuskan membayar denda
berupa uang atau barang.
Pengendalian sosial yang berlaku
pada masyarakat tradisional adalah
nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 4)


B. Jawablah soal-soal berikut dengan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan
masyarakat?

2. Sebutkan tiga dari lima ciri hipotesis
yang baik! Berilah contohnya!

3. Apakah yang dimaksud dengan
sosiologi bersifat empiris?

4. Bagaimana hubungan antara nilai
sosial dengan norma sosial?

5. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi
proses sosialisasi!

6. Jelaskan tahap perkembangan kepribadian
yang dialami oleh individu!

7. Bagaimana pemahamanmu tentang
teori pemberian cap (labeling)?

8. Berilah satu contoh penyimpangan
sosial positif!

9. Mengapa orang berperilaku menyimpang?

10. Jelaskan akibat tidak

Share this article :

1 komentar:

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
 
Support : Ilmu Dunia dan Akhirat | I.D.D.A. | ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Copyright © 2013. I.D.D.A.╚ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger