Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

PELATIHAN ULANGAN UMUM Sosiologi SMA/MA Kelas X


PELATIHAN ULANGAN UMUM
Sosiologi SMA/MA Kelas X


1. Perbedaan sosiologi dengan filsafat adalah ….
a. sosiologi mengkaji kenyataan sosial sedang filsafat mengkaji masyarakat
harapan
b. filsafat mengkaji kenyataan sosial sedang sosiologi mengkaji masyarakat
harapan
c. sosiologi lebih tua daripada filsafat
d. filsafat merupakan cabang dari sosiologi
e. filsafat menggunakan metode ilmiah sedangkan sosiologi tidak

2. Istilah sosiologi pertama kali diciptakan oleh ….
a. John Locke
b. Jean Jacques Rousseau
c. Aristoteles
d. Auguste Comte
e. Karl Marx



3. Tokoh yang pertama kali menggunakan metode penelitian ilmiah untuk
mengkaji kenyataan sosial adalah ….
a. Herbert Spencer
b. Karl Marx
c. Thomas Hobbes
d. Auguste Comte
e. Emile Durkheim

4. Pemikiran sosiologis yang memandang masyarakat sebagai jaringan institusiinstitusi
yang saling berhubungan adalah persfektif ….
a. difusionisme
b. fungsionalisme
c. strukturalisme
d. interaksionisme
e. komunisme


5. Pemikiran sosiologis yang menganggap bahwa peran dan status sosial sangat
menentukan tingkah laku manusia adalah persfektif ....
a. komunisme
b. interaksionisme
c. strukturalisme
d. fungsionalisme
e. difusionisme

6. Pengajaran sosiologi di Indonesia pertama kali dilakukan oleh ….
a. Prof. Mr. Soenario Kolopaking
b. Prof. Dr. Selo Soemardjan
c. Prof. Dr. Koentjaraningrat
d. Mr. Djody Gondokusumo
e. Major Polak.

7. Menurut Emile Durkheim, objek kajian sosiologi adalah ....
a. nilai sosial
b. fakta sosial
c. norma sosial
d. lembaga sosial
e. interaksi sosial

8. Sosiologi mempelajari perubahan sosial. Pemikiran ini dikemukakan
oleh ….
a. Max Weber
b. Karl Marx
c. Alex Inkeles
d. William F. Ogburn
e. Roland R. Warren

9. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan adanya hubungan antara interaksi
sosial dengan status sosial adalah ....
a. dua orang bertemu di jalan dan saling menyapa
b. seorang anak membantu ibunya membersihkan halaman
c. ketika rombongan presiden lewat, para pengemudi menepi
d. seorang ayah mempersilakan tamunya duduk di ruang tamu
e. beberapa orang siswa berdiskusi mengenai pelajaran sosiologi

10. Pada saat yang bersamaan dilakukan penelitian terhadap dua masyarakat
yang berbeda. Tujuannya untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan
keduanya. Penelitian seperti ini termasuk penelitian ....
a. terapan
b. lapangan
c. historis
d. komparatif
e. studi kasus

Pelatihan Ulangan Umum 

11. Perbedaan nilai dan norma sosial adalah ....
a. nilai bersifat abstrak sedangkan norma bersifat konkret
b. norma bersifat abstrak sedangkan nilai bersifat konkret
c. nilai bersumber dari kebudayaan sedangkan norma tidak
d. norma bersumber dari kebudayaan sedangkan nilai tidak
e. nilai bersifat mengikat sedangka norma tidak

12. Nilai sosial selalu berkaitan dengan hal-hal di bawah ini, kecuali ....
a. hakikat hidup manusia
b. hakikat karya manusia
c. kedudukan manusia di masyarakat
d. hubungan manusia dengan alam sekitarnya
e. hakikat hubungan sosial

13. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan adanya pergeseran nilai sosial
adalah ….
a. harga beras merosot ketika musim panen dan melonjak pada musim
kemarau
b. setiap menjelang lebaran harga barang kebutuhan pokok melonjak
c. generasi muda lebih giat belajar
d. pada masa kini pornografi dan pornoaksi semakin marak
e. konflik sosial sering terjadi akhir-akhir ini

14. Sila pertama Pancasila mencerminkan bahwa bangsa Indonesia menjunjung
nilai ….
a. keagamaan
b. kerohanian
c. spiritual
d. ketakwaan
e. ketuhanan

15. Seorang siswa SMA ketika melihat seorang nenek hendak menyeberang,
kemudian dibimbing hingga sampai seberang mencerminkan nilai ….
a. religius
b. etika
c. estetika
d. kerohanian
e. kemanusiaan

16. Nilai sosial yang sangat diperlukan dalam menunjang kemajuan masyarakat
adalah ….
a. nilai religius
b. nilai keilmuan
c. nilai etika
d. nilai kemanusiaan
e. nilai kemasyarakatan
194 Sosiologi SMA/MA Kelas X

17. Warga masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan senantiasa mengikuti
tata cara yang lazim. Hal ini merupakan wujud norma ….
a. hukum
b. mores
c. folkways
d. usage
e. custom

18. Banyaknya tidak kriminal di masyarakat menandakan lemahnya penegakan
norma ….
a. mores
b. folkways
c. usage
d. hukum
e. custom

19. Norma agama merupakan implementasi dari nilai ….
a. ketuhanan
b. kerohanian
c. spiritual
d. sportivitas
e. etika

20. Norma tata kelakuan (mores) berhubungan dengan nilai….
a. estetika
b. etika
c. rohani
d. keilmuan
e. material

21. Proses interaksi sosial tidak terjadi antara ….
a. individu dengan individu
b. individu dengan kelompok
c. kelompok dengan kelompok
d. individu dengan lingkungan
e. kelompok dengan individu

22. Proses interaksi telah terjadi apabila ….
a. dua orang saling berpapasan di jalan
b. dua orang duduk dalam satu ruangan
c. sekelompok orang memprovokasi kelompok lainnya
d. sekelompok orang menyerang dan kelompok lain membalas
e. seseorang menonton pawai di jalan

Pelatihan Ulangan Umum 195

23. Bila guru Anda memberikan semangat untuk belajar, maka anda telah
menerima ….
a. sugesti
b. imitasi
c. identifikasi
d. simpati
e. motivasi

24. Seorang anak gadis cenderung meniru perilaku ibunya. Ini merupakan wujud
adanya ….
a. simpati
b. motivasi
c. imitasi
d. identifikasi
e. sugesti

25. Perbedaan imitasi dengan identifikasi adalah ….
a. imitasi berlangsung lama sedangkan identifikasi singkat
b. identifikasi berlangsung lama sedangkan imitasi singkat
c. imitasi berlangsung permanen sedangkan identifikasi sementara
d. identifikasi berlangsung permanen sedangkan imitasi bersifat sementara
e. imitasi berlangsung di masa kanak-kanak sedang identifikasi berlangsung
seumur hidup

26. Pada saat kita menyimak tayangan korban bencana alam akibat tsunami di
Aceh dan gempa di Yogyakarta-Klaten, perasaan kita menjadi larut dalam
kesedihan. Sering pula kedukaan itu mendorong kita turut memberikan
sumbangan kepada mereka yang menjadi korban. Hal semacam ini disebut
….
a. empati
b. simpati
c. motivasi
d. sugesti
e. imitasi

27. Ketika terjadi konflik sosial di berbagai daerah di Indonesia, pemerintah
atau tokoh masyarakat sering turun tangan untuk mendamaikan pihakpihak
yang berkonflik. Peran pemerintah atau tokoh masyarakat dalam
proses seperti itu disebut ….
a. arbitrase
b. negosiator
c. mediator
d. komunikator
e. ajudikator

Sosiologi SMA/MA Kelas X

28. Perbedaan antara arbitrase dengan mediasi adalah….
a. dalam arbitrase keputusan pihak ketiga tidak mengikat, sedang dalam
mediasi mengikat
b. dalam mediasi keputusan pihak ketiga tidak mengikat, sedang dalam
arbitrase mengikat
c. arbitrase menampung perwakilan dari pihak-pihak yang berkonflik,
sedang dalam motivasi tidak
d. mediasi menampung perwakilan dari pihak-pihak yang berkonflik,
sedang dalam arbitrase tidak
e. arbitrase menggunakan cara pemaksaan, sedang mediasi tidak

29. Bangunan candi Borobudur adalah wujud hasil interaksi masyarakat
Indonesia dengan masyarakat asing. Interaksi itu disebut ….
a. asimilasi
b. konsiliasi
c. dekulturasi
d. akulturasi
e. dominasi

30. Seseorang atau sekelompok orang sering memusuhi kelompok lain karena
menurut pendapatnya kelompok yang dimusuhi memiliki sifat-sifat kurang
baik. Konflik semacam itu dipengaruhi oleh ….
a. dendam
b. kecemburuan
c. dominasi
d. stereotip
e. salam paham

31. Hal-hal berikut diserap melalui proses sosialisasi, kecuali ….
a. sikap dan nilai
b. rasa suka dan tidak suka
c. temperamen intelegensi
d. keinginan dan tujuan hidup
e. cara bereaksi terhadap lingkungan

32. Apabila seseorang telah menyerap berbagai hal dari masyarakat melalui
sosialisasi, maka diharapkan dia akan menjadi ….
a. dewasa
b. berkembang
c. bijaksana
d. arif
e. pandai

33. Kepribadian seseorang terbentuk oleh ….
a. perasaan dan kepandaian
b. kepandaian dan pengalaman
c. pengalaman dan impuls-impuls
d. impuls-impuls dan nilai sosial
e. nilai sosial dan norma sosial

Pelatihan Ulangan Umum 

34. Perbedaan proses internalisasi nilai dengan enkulturasi adalah ….
a. internalisasi adalah penyerapan nilai nilai sedangkan enkulturasi adalah
implementasi nilai-nilai
b. enkulturasi adalah penyerapan nilai nilai sedangkan internalisasi adalah
implementasi nilai-nilai
c. internalisasi terjadi di awal sosialisasi sedangkan enkulturasi terjadi di
akhir sosilisasi
d. enkulturasi terjadi di awal sosialisasi sedangkan internalisasi terjadi di
akhir sosilisasi
e. internalisasi terjadi di dalam diri seseorang sedangkan enkulturasi terjadi
di masyarakat

35. Fungsi sosialisasi dari sudut pandang individu yang mengalami adalah ….
a. sebagai upaya membuat warga masyarakat mematuhi nilai dan norma
sosial
b. mengarahkan perilaku individu agar tidak menyimpang dari kebiasaan
di masyarakat
c. mencegah terjadinya pelanggaran terhadap norma-norma sosial
d. sebagai sarana pengenalan, pengakuan, dan penyesuaian diri terhadap
nilai-nilai, norma-norma, dan struktur sosial
e. sebagai upaya koreksi terhadap perilaku, sikap, dan kepribadian
seseorang

36. Keberhasilan sosialisasi dapat menjamin keutuhan masyarakat, karena ….
a. sosialisasi berfungsi sebagai pencegahan pelanggaran
b. masyarakat yang utuh merupakan wujud keberhasilan sosialisasi
c. tertanamnya nilai dan norma sosial dapat menjaga keutuhan masyarakat
d. konflik sosial dapat dicegah bila masyarakat telah menyerap nilai dan
norma
e. nilai dan norma yang diserap warga masyarakat dapat mengendalikan
interaksi sosial

37. Media sosialisasi di dalam masyarakat yang paling berpengaruh terhadap
seorang anak adalah ....
a. media massa
b. sekolah
c. lingkungan
d. orang tua
e. teman sebaya

38. Sosialisasi sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang karena ….
a. mewariskan nilai dan norma sosial
b. mencegah pelanggaran nilai dan norma sosial
c. menanamkan nilai dan norma sosial
d. mendewasakan kejiwaan seseorang
e. mengajarkan perilaku yang sesuai dengan nilai dan norma

 Sosiologi SMA/MA Kelas X

39. Pernyataan-pernyataan berikut yang benar mengenai kepribadian adalah ….
a. kepribadian berkembang setelah seseorang memasuki pergaulan di
masyarakat luas
b. pengalaman pribadi seseorang sangat berpengaruh terhadap
kepribadiannya
c. tingkat kecerdasan seseorang menentukan corak kepribadiannya.
d. kepribadian merupakan hasil pengaruh faktor keturunan dan lingkungan
e. orang tua yang berkepribadian baik, maka anak-anaknya pun demikian

40. Suatu perilaku dikatakan menyimpang bila ….
a. tidak disukai masyarakat
b. melanggar nilai dan norma sosial
c. mengganggu orang lain
d. merugikan orang lain
e. melanggar hukum

41. Alat pengukur suatu perilaku dikatakan menyimpang atau tidak adalah ....
a. selera masyarakat
b. harapan masyarakat
c. cita-cita masyarakat
d. pendapat masyarakat
e. kecenderungan masyarakat

42. Suatu perilaku menyimpang dapat dianggap bukan sebagai perilaku
menyimpang karena ....
a. masyarakat tidak tahu
b. masyarakat dapat menerimanya
c. perubahan masyarakat
d. pergeseran nilai dan norma sosial
e. sudah menjadi kelaziman dalam masyarakat

43. Pengendalian sosial adalah ....
a. penertiban perilaku warga masyarakat yang menyimpang dari nilai
dan norma sosial
b. mengarahkan masyarakat kepada perilaku tertentu yang dikehendaki
c. melarang masyarakat berperilaku secara menyimpang
d. mengontrol semua perilaku masyarakat
e. memberi contoh kepada masyarakat ke arah perilaku yang terpuji

44. Suatu upaya pemulihan keadaan agar kembali normal, termasuk upaya
pengendalian yang bersifat ....
a. preventif
b. represif
c. kondusif
d. pervasif
e. responsif


Pelatihan Ulangan Umum 199


45. Membudidayanya korupsi di negara kita adalah bentuk dari ....
a. kegagalan sosialisasi
b. kegagalan pengendalian sosial
c. lemahnya sistem hukum
d. pesatnya perkembangan teknologi
e. rendahnya mental bangsa kita.

46. Peran media sosialisasi dalam penyimpangan perilaku seseorang terjadi
karena ....
a. ketidakkonsistenan media sosialisasi
b. ketidakkompakkan media sosialisasi
c. ketidaksempurnaan media sosialisasi
d. ketidaklengkapan media sosialisasi
e. ketidaktahuan media sosialisasi

47. Sosiologi telah menjadi ilmu terapan apabila ….
a. teori-teorinya dapat menyelesaikan persoalan di masyarakat
b. pengetahuan yang diperoleh diaplikasikan dalam kehidupan
c. pengetahuan yang diperoleh diajarkan di sekolah-sekolah
d. para ahli sosiologi terjun langsung ke dalam masyarakat
e. para ahli aktif menyampaikan hasil penelitiannya kepada pemerintah

48. Kemiskinan dikatakan sebagai masalah sosial karena ….
a. perlu segera diatasi
b. menyengsarakan masyarakat
c. membuktikan kegagalan lembaga ekonomi
d. mengganggu perkembangan masyarakat
e. memalukan di mata internasional

49. Berikut ini adalah pengetahuan sosiologi yang dapat diterapkan dalam
mengatasi budaya korupsi, kecuali ….
a. menghilangkan faktor pendukung korupsi
b. meningkatkan sosialisasi nilai dan norma hukum
c. mengkaji dampak buruk korupsi
d. mengkaji langkah-langkah pemberantasan korupsi
e. mengamati setiap perilaku warga masyarakat

50. Penerapan pengetahuan sosiologi dalam keluarga sangat beragam
bentuknya. Bentuk penerapan yang paling penting adalah ….
a. menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis
b. menciptakan suasana interaksi yang mendukung terbentuknya
kepribadian anak
c. mencukupi segala permintaan anak
d. memberikan contoh perilaku yang baik
e. memaksa anak agar tidak menentang kehendak orang tua

200 Sosiologi SMA/MA Kelas X

B. Jawablahpertanyaan-pertanyaaninidengansingkatdanjelas!

1. Apakah yang dimaksud dengan penelitian sosial?

2. Jelaskan cara melaksanakan eksperimen terkontrol!

3. Jelaskan perbedaan nilai yang dijunjung masyarakat kota dengan masyarakat
desa!

4. Mengapa nilai dan norma sosial dapat bergeser?

5. Jelaskan hubungan antara nilai dan norma sosial dengan kebudayaan!

6. Apakah perbedaan kontak dengan komunikasi?

7. Sebutkan ciri-ciri terjadinya interaksi sosial!

8. Apakah yang dimaksud dengan prasangka?

9. Jelaskan sisi negatif dan sisi positif kompetisi!

10. Sebutkan enam faktor yang dapat mempermudah terjadinya asimilasi!

11. Apakah yang dimaksud dengan enkulturasi?

12. Sebut dan jelaskan macam-macam sosialisasi!

13. Jelaskan fungsi sosialisasi dari sisi masyarakat!

14. Apakah yang dimaksud dengan kepribadian?

15. Sebutkan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap kepribadian!

16. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang!

17. Sebutkan beberapa cara pengendalian sosial!

18. Apakah menurut Anda kepolisian kita selama ini telah berperan secara
optimal?

19. Mengapa pengetahuan sosiologi perlu diterapkan?

20. Kapankah seorang sosiolog dianggap telah menyalahgunakan profesinya
sebagai seorang intelektual?
0 Komentar untuk "PELATIHAN ULANGAN UMUM Sosiologi SMA/MA Kelas X"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top