Home » » 10 HAL YANG TIDAK BOLEH DI SHARE DI FACEBOOK

10 HAL YANG TIDAK BOLEH DI SHARE DI FACEBOOK

Written By Naufaldi Rafif Satriya on Monday, July 9, 2012 | 8:50 PM



Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia, kini menjadi mesin pencarian identitas. Baik dari perusahaan, pengintai, maupun aparat hukum. Tak lupa peretas yang ingin membuat identitas palsu. Wahai pemilik akun di jejaring besutan Mark Zuckerberg, perhatikan 10 hal terlarang untuk muncul di Facebook. 10 hal ini dikarenakan bisa di jadikan sebagai malapetaka bagi diri anda sendiri.
Mengungkap tanggal lahir itu berbahaya. Sebab institusi keuangan biasanya membutuhkan informasi tanggal lahir untuk kartu kredit atau pernyataan di bank. Membiarkan tanggal lahir terlihat, sama saja membuka pintu untuk pencurian identitas anda yang bisa merusak reputasi dan keselamatan anda, ngeri juga ya!!.
2. Nama tengah Ibu dan ayah
Ingat banyak situs yang menggunakan jawaban nama tengah sebagai pertanyaan keamanan untuk mengingat kata kunci. Waspadalah apa yang anda tulis tentang Ibu di dunia maya. Sebaiknya nama ibu tak usah di gunakan. Bisa jadi peretas yang sudah kenal anda tahu dengan pasti nama ibu anda dan bisa meretas situs atau akun anda.
3.Alamat rumah
Alamat rumah sangatlah jangan di share di facebokk. Tidak perlu membagi informasi ini dengan teman, kenalan atau mantan rekan kerja. Pencuri zaman sekarang juga tahu cara menggunakan Facebook untuk tindak kejahatan. Untuk itulah alamat rumah menempati no 3 di 10 Hal Yang Tidak boleh di share di Facebook. Apalagi jika Anda menulis status sedang bepergian sekeluarga, hanya tinggal menunggu seseorang yang dekat rumah anda untuk melakukan pencurian di rumah anda.
4. Status pergi dari rumah dalam waktu lama
Apalagi yang satu ini.Menulis status pergi dari rumah dalam jangka waktu lama berarti mengumbar informasi kepada dunia maya bahwa rumah Anda kosong. Kesempatan inilah yang diincar para pencui! Jika Anda memang harus mempublikasikan status ini, maka bisa ditambahkan bahwa ada penjaga, anjing atau alarm pencuri di rumah. Karena kita tak tahu siapa saja teman facebook kita. Apa benar teman atau orang yang menyamar sebagai teman. Unutk itu status pergi dari rumah masuk 10 hal yang tidak boleh dishare di Facebook.
Hal ini bisa diindikasikan sama dengan no 4.Meski cuman singkat, kalau Anda terus-terusan menulis check-in di tempat yang berada di luar rumah, pencuri tentu selalu siaga d sekitar rumah anda. Rumah anda pasti memiliki harta bernilai bukan? Oleh karena itu jangan share kemana, kapan, bagaimana, dengan siapa anda pergi dari rumah. Ingat!! Jangan pernah lakukan 10 hal yang tidak boleh dilakukan difacebook.
6. Foto tak sopan dan yang porno
Banyak orangyang menyukai keindahan dan kesopanan Anda mungkin sudah membaca bahwa ada orang yang kehilangan pekerjaan karena mereka bersikap rasis atau menampilkan foto yang tak sopan di dunia maya. Jadi jangan lakukan! Apalgi jika anda wanita. Pasti teman-teman anda akan mengira bahwa anda adalah wanita yang berharga murah sekali.
Jangan bilang ke Facebook atau Twitter jika Anda marah kepada bos, mengaku mabuk, dan memiliki obat-obatan terlarang. Atau mengaku pura-pura sakit.
Screenshoot status Anda bisa jadi bukti yang membahayakan reputasi, klien dan nasib profesi. Di Singapura, bahkan remaja yang menulis status berbau rasis bisa ditangkap. Di bawah UU Penghasutan, siapa pun yang terbukti bersalah menyebarluaskan kebencian antar ras atau kelas dalam populasi di Singapura dapat di denda 5 ribu dolar Singapura (Rp 37 juta) dan penjara maksimal tiga tahun.
Oleh sebab itu jangan lakukan hal-ha yang mengancam., berbuat onar, provokasi yang bisa mengacaukan keaadaan. Bahkan tak menuntut kemungkinan orag disekitar anda akan terseret dalam kasus ini.
8. Nomor telepon atau nomor hp
Memasang nomer telepon, maka dipastikan Anda akan dihubungi banyak telemarketer, pengintai dan temannya teman yang sok kenal. Memasang nomor telepon mungkin anda anggap bisa digunakan untuk nabah teman. Tapi, menurut sumber sekarang ada santet lewat telepon. Bahaya bukan??

Bukan hanya itu, ika anda share no telepon, anda bisa digunakan untuk manipulasi dan di sms berisi SPAM.
9. Status hitung mundur menjelang liburan
Jangan menulis status kapan anda liburan. Karena para penjahat akan siap-siaga untuk beraksi saat liburan. Lebih baik menulis status setelah liburan. Sebab kalau sebelum liburan beresiko diketahui penjahat yang sudah siap menguras isi rumah Anda selagi kosong.  Apalagi sudah jadi tradisi saat liburan banyak ruma kosong ditinggal pergi oleh pemilik rumah.
10. Foto interior dan eksterior rumah
Mengunggah foto isi rumah Anda menjadi jalan mulus pencuri untuk menilai perabot yang Anda miliki. Bukan hanya itu, pencuri yang handal akan dengan mudah mengeahui isi rumah, bagian mana pencuri itu akan masuk dan lewat. Interior rumah jangan di upload ke facebook.com karena bahaya!!

Semoga artikel mengenai 10 HAL YANG TIDAK BOLEH DI SHARE DI FACEBOOK, bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa comment dan juga liat artikel lain yang bisa membuat anda menjadi sadar akan dunia yang baru ini


Sumber : Tempo


Share this article :

4 komentar:

  1. yang pasti segala data pribadi patutlah kita rahasiakan dan jangan disebar kemana-mana,,,apalagi ke media social

    ReplyDelete
  2. benar kawan itu data penting yang sifatnya personal sekali jangan diumbar ^_^

    ReplyDelete
  3. untung saya gak terlalu aktif di facebook, malah fb saya gak keurus tuh..
    hehe..
    lbh suka diblogger sih

    ReplyDelete

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
 
Support : Ilmu Dunia dan Akhirat | I.D.D.A. | ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Copyright © 2013. I.D.D.A.╚ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger