Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Membaca Cepat


Terkadang kita dihadapkan pada satu suasana dan kondisi yang mengharuskan diri kita membaca satu buku dengan cepat. Alasannya kita sangat membutuhkan isi dari buku tersebut, atau buku itu punya temen yang harus segera kita kembalikan saat itu juga, padahal kita belum selesai membacanya dan isinya sangat menarik buat kita.
Nah, bagaimana cara menyiasati agar kita bisa membaca dengan cepat? Berikut ini tipsnya.
Hindari kebiasaan mengulang-ulang satu kata saat kita membaca. Kebiasaan ini ada yang dilakukan secara sadar, ada juga yang dilakukan diluar kesadaran. Kita melakukannya dengan sadar ketika kita mencoba memahami sebuah kata asing atau kata yang baru pertama kali kita baca. Hal ini terjadi pada waktu tertentu saja. Jika kita melakukannya di luar kesadaran maka ini sudah menjadi penyakir membaca. Kita wajib banget buat ngehindarinya. Menurut penelitian dibuktikan bahwa kebiasaan mengulang kata dalam membaca akan menyebabkan si pembaca ketinggalan sebanyak 50 kata dalam tiap menitnya. Kebiasaan ini dapat dihilangkan dengan cara melakukan latihan berulang-ulang. Coba kita pilih satu halaman sebuah buku, bacalah sekilas aja, namun tetap berusaha memahaminya. Lalu buatlah pertanyaan berdasarkan isi halaman buku yang tadi kita baca, kemudian kita coba jawab. Nah, melalui cara ini, kita akan menemukan diri kita telah memahami sebagian besar apa yang kita baca.
Bagi bacaan kamu menjadi beberapa potongan. Hal ini dilakukan dengan memperluas fokus penglihatanmu. Hilangkan kebiasaan membaca kata demi kata. Semakin luas fokus kita dalam membaca semakin cepat pula kita membaca. Cara yang bisa kita lakukan pertama-tama adalah membagi satu atau dua baris kata menjadi beberapa potongan. Setiap potongan terdiri dari dua kata. Potongan-potongan itu diusahakan sama dengan baris selanjutnya. Cobalah membaca potongan-potongan tadi sekilas saja. Jika kamu berhasil, tambahlah jumlah kata dalam setiap potongan menjadi tiga atau empat. Cara seperti ini biasanya efektif digunakan ketika kita membaca koran atau majalah.
Cara lainnya, coba pindahkan mata kita dengan cepat dari satu baris ke baris selanjutnya. Memang, hanya akan menghemat beberapa detik saja dalam setiap halamannya, tetapi itu menjadi beberapa menit bahkan jam jika diukur dengan satu buku.
Jika kita mempraktikkan beberapa tips diatas, InsyaAllah kemampuan membaca kita akan semakin cepat dan pesat. Dengan kemampuan yang semakin bertambah maka semakin banyak buku yang dapat kita baca. Dengan semakin banyaknya buku yang kita baca maka semakin luas wawasan dan pengetahuan yang kita peroleh. Jadi, jangan ditunda-tunda lagi, ayoo praktikkan tips ini…
Semoga bermanfaat
Tag : BERANDA
0 Komentar untuk "Membaca Cepat"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top