Jika anda sedang mempersiapkan diri
berkarir di bidang IT atau masih baru bekerja dalam dunia IT. Ada 10
rahasia yang tidak menguntungkan yang harus anda ketahui, rahasia ini
sebagian besar ditujukan untuk administrator jaringan, manajer IT,
dan profesional destkop support.
10.) Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
10.) Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
Kebutuhan
akan profesional IT akan terus meningkat bagi perusahaan, seriring
berkembangnya teknologi dalam bisnis dan kehidupan masyarakat. Karena
bayaran bagi profesional IT cukup besar, perusahaan sering kali
menambah jam kerja anda sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai
bagian inti dari perusahaan. Anda bisa saja bekerja lebih dari 6 jam
pada akhir pekan untuk menyebarkan (deployment) update
sebuah software, atau bahkan menerima telepon pada malam hari untuk
mengatasi jaringan yang bermasalah. Tidak ada kompensasi waktu selama
anda masih dibayar dengan baik.
9.) Anda akan disalahkan jika terjadi kesalahan konyol pada pengguna komputer
Beberapa
pengguna komputer akan spontan melimpahkan kemarahanya ketika
frustasi. Mereka bisa saja meluapkanya kepada anda karena anda adalah
seorang staff IT dengan menyalahkan anda seperti “apa yang salah sama
komputer ini?”, “komputer ini rusak, kenapa masih dipasang!” atau
“kamu apain komputernya?kenapa bisa jadi begini?!”. Padahal
kesalahannya adalah karena kecerobohan atau kelalaian dari mereka
sendiri, seperti ternyata mereka tidak sengaja mencabut kabel mouse
dengan kaki mereka, atau bahkan menumpahkan kopi mereka di keyboard
komputer.
8.) Anda bisa menjadi orang yang paling dibenci atau paling disegani oleh bawahan anda jika anda seorang manajer IT
Jika
anda dapat menangani suatu masalah yang dapat memperpanjang jam
kerja bawahan anda, maka anda bisa menjadi atasan yang disegani bagi
mereka. Namun sebaliknya jika anda tidak dapat menangani sesuatu yang
dapat menghambat pekerjaan atau memperpanjang jam kerja bawahan
anda, seperti tiba tiba saja koneksi jaringan sedang down, maka mereka akan menganggap bahwa andalah penyebabnya.
7.) Sertifikat tidak akan selalu menjamin seseorang untuk menjadi karyawan yang baik
Manajer
sumber daya manusia pada sebuah perusahaan akan lebih tertarik untuk
merekrut seseorang yang bersertifikasi, karena dengan hal itu
memudahkan departemen HR (Human Resource) untuk menyeleksi
calon pekerja dengan lowongan yang ada. Sertifikasi akan membuka karir
anda lebih luas, menunjukkan bahwa anda orang yang terorganisir,
ambisius dan memiliki keinginan yang besar dalam memperluas keahlian
anda. Jika anda memiliki sertifikasi yang sesuai dengan keahlian anda,
maka hal itu akan menjadi nilai tambah dan nilai jual bagi anda.
Namun pada kenyataanya banyak pimpinan perusahaan yang mengeluh
dengan teknisi yang dipekerjakan berdasarkan sertifikasi. Mereka
umumnya hanya memiliki skill dan kemampuan yang baik dalam bidangnya
tetapi tidak tahu bagaimana mengatur atau menangani masalah dengan
cepat karena tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Maka
sertifikat sebenarnya bukan satu satunya indikator untuk mengukur
seberapa baik seseorang dapat bekerja.
6.) Anda akan sering diminta oleh rekan kerja untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari pekerjaan anda
Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu. Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus membantu dan kapan harus menolaknya.
Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu. Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus membantu dan kapan harus menolaknya.
Foto : Ilustrasi
5.) Vendor dan konsultan IT akan mengakui kehebatanya ketika proyek berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan jika proyek yang dijalankan gagal
Bekerja
dengan konsultan ITadalah bagian penting dari pekerjaan dan dapat
menjadi salah satu hal yang lebih menantang. Konsultan akan membantu
memberi solusi untuk anda dalam mengerjakan suatu proyek, dan ketika
semuanya berjalan dengan baik maka ini akan menjadi sebuah kerjasama
yang baik. Tetapi anda harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang
salah beberapa konsultan akan menganggap bahwa andalah penyebabnya,
dan mengklaim bahwa solusi yang mereka berikan sudah benar dan
bekerja baik pada perusahaan lain. Sebaliknya jika proyek berjalan
dengan lancar, mereka akan mengakui kehebatan dalam solusi yang merke
berikan dan mengabaikan pekerjaan besar yang telah anda lakukan
untuk menyesuaikan dan mengimplementasikan solusi untuk perusahaan
anda.
4.) Anda akan banyak menghabiskan waktu dengan teknologi lama dibandingkan dengan mengimplementasikan sesuatu yang baru
Hal
yang menarik bekerja dalam bidang IT adalah bahwa kita akan banyak
bermain dengan teknologi terbaru yang ada pada saat ini, namun tidak
terjadi di sebagian besar pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para
profesional IT biasanya menghabiskan waktu untuk menjaga dan merawat
teknologi yang sudah ada sebelumnya.
3.) Para staff atau karyawan IT adalah hambatan terbesar dalam menerapkan teknologi yang baru
Salah
satu kendala terbesar untuk migrasi ke teknologi yang baru adalah,
tidak ada persetujuan dari manajemen keuangan karena banyaknya biaya
yang harus dikeluarkan. Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan
terbiasa menggunakan yang sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya,
ini bisa jadi hal yang baik karena pekerjaan mereka tergantung dari
kestabilan infrastruktur yang ada. Namun mereka juga menggunakanya
sebagai alasan untuk tidak menghabiskan waktu belajar sesuatu yang
baru.
2.) Beberapa profesional IT mengembangkan teknologi berdasarkan kemampuan dalam menjalankanya
Banyak
profesional IT yang memilih dan mengimplementasikan teknologi
didasarkan pada kemampuan dan seberapa bebas mereka dapat menggunakan
atau menjalankanya, bukan berdasar pada mana yang benar benar baik
dan bermanfaat untuk bisnis itu sendiri. Sebagai contoh sebuah
perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi Windows
karena latar belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan lebih
menggunakan Windows, padahal menggunakan sistem operasi Linux adalah
solusi yang lebih baik.
1.) Profesional IT sering kali mnggunakan jargon untuk menutupi kesalahanya
Banyak
profesional IT menutupi kesalahan yang mereka lakukan dengan memberi
penjelasan yang membingungkan kepada manajer non teknis, karena
biasanya mereka tidak memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi.
Sebagai contoh untuk memberitahu seorang manajer bisnis non teknis
mengapa aplikasi keuangan tidak dapat dijalankan selama 3 jam, maka
profesional IT mungkin akan mengatakan “Terjadi blue screen pada
layar SQL yang menjalankan applikasi keuangan” padahal penyebab
sebenarnya adalah update driver yang ia terapkan pada server tidak
diuji terlebih dahulu.
0 Komentar untuk "10 secrets worked in IT"
Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.
Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)
"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)
>TERIMA KASIH<