Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

CONTOH FIGUR-FIGUR YANG BEROBSESI KEPADA AKHIRAT




Figur-Figur dari Generasi Sahabat
Generasi sahabat generasi istimewa dan tidak ada generasi sesudahnya yang selevel dengan mereka. Para sahabat menyatu dengan akhirat, hingga seperti sedang, hidup di dalamnya dan obsesi kepadanya begitu menguasai diri mereka. Seorang dari mereka minta izin kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam untuk mengebiri dirinya, agar bisa beribadah dengan lebih serius. Tapi, Rasulullahu Shallallahu Alahi wa Sallam melarang tindakan seperti itu, sebab bertentangan dengan petunjuk beliau dan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan Islam pada manusia. Jika seorang dari mereka berceramah usai shalat-shalat wajib, ia mendorong mereka cinta akhirat, lalu mereka merasa dekat dengannya. Jika mereka mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bercerita kepada mereka tentang surga dan kenikmatannya, maka salah seorang dari mereka rindu mati syahid saat itu juga, agar dapat segera merasakan kenikmatan-kenikmatan surga. Contoh-contoh dari mereka sebagai berikut:

1.      Umair bin Al-Hammam
Umair bin Al-Hammam mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihis wa Sallam memberi iming-iming surga kepada para sahabat di Perang Badar, lalu ia membuang beberapa biji kurma dari kedua tangannya sambil berkata, “Ah, aku bisa masuk surga jika dibunuh orang-orang kafir itu.”
Usai berkata seperti itu, Umair bin Al-Hammam bertempur, hingga gugur sebagai syahid.

2.      Anas bin An-Nadhr
Anas bin An-Nadhr menyatu dengan Akhirat, hingga merasa mencium aroma surga. Ia berkata kepada Anas bin Muadz saat bertemu dengannya di Perang Uhud, “Hai Sa’ad, demi Tuhannya Anas, aku mencium aroma surga dari balik Gunung Uhud.”

3.      Ja’far Abu Thalib
Seorang saksi mata dari Bani Murrah bin Auf, yang ikut bertempur di Perang Mu’tah menuturkan, “Demi Allah, aku lihat Ja’far bin Abu Thalib turun dari kudanya berwarna blonde, lalu menyembelihnya. Setelah itu, ia bertempur melawan musuh, hingga gugur sebagai syahid. Sebelum syahid, ia berkata,

‘Sungguh dekat surga itu
Indah dan airnya dingin
Sungguh, siksa bagi orang-orang Romawi kian dekat
Mereka kafir dan nasab mereka tidak jelas’.”
  
4.      Abdullah bin Mas’ud
Seperti para sahabat lainnya, Abdullah bin Masud Radhiyallahu Anhu mengaitkan apa yang ia lihat dengan akhirat. Diriwayatkan, ia berjalan melewati orang-orang yang sedang meniup alat peniup angin, lalu ia tidak sadarkan diri.
Dikisahkan lainnya, Abdullah bin Mas’ud berjalan melewati pandai besi dan melihat satu batang besi yang menganga, lalu ia menangis.”

5.      Hammamah bin Abu Hammamah
Dikisahkan, Hammama bin Abu Hammamah menginap pada suatu malam di rumah seorang tabi’in, Haram bin Hayyan Al-Abdi. Hammamah bin Abu Hammamah dilihat Haram bin Hayyam Al-Abdi menangis semalam suntuk. Haram bin Hayyam Al-Abdi berkata kepada Hammamah bin Abu Hammamah, “Kenapa engkau menangis?
Hammamah bin Abu Hammamah menjawab, “Aku ingat suatu malam, di mana kubur menjadi berserahkan pada pagi harinya.”
Pada malam kedua, Hammamah bin Abu Hammamah menginap lagi di rumah Haram bin Hayyam Al-Abdi dan menangis semalam suntuk. Haram bin Hayyam Al-Abdi berkata kepada Hammamah bin Abu Hammamah, “Kenapa menangis?”
Hammamah bin Abu Hammamah menjawab, “Aku ingat suatu malam, di mana bintang-bintang berguguran pada esok paginya.”
Bentuk lain keterikatan Hammamah bin Abu Hammamah dengan akhirat ialah ia berkata menyerbu Ashfahan pada zaman Umar bin Khaththab Radhiyallahu Anhu, “Ya Allah, Hammamah mengaku ingin segera bertemu dengan-Mu. Ya Allah, jika ia benar seperti itu, kuatkan keinginan karena kejujurannya. Jika bohong, buat dia berkeinginan seperti itu, kendati ia sebenarnya tidak menghendakinya. Ya Allah, jangan pulangkan Hammamah dari perjalannya.” Ia meninggal dunia di Ashfahan.
Dikisahkan, Hammamah bin Abu Hammamah dan rekan sejawatnya, Haram bin Hayyam, bertemu pada suatu siang, lalu keduanya pergi ke pasar parfum dan berdoa minta surga kepada Allah. Lalu, keduanya pergi ke tukang besi dan minta perlindungan dari neraka. Setelah itu, keduanya pulang ke rumahnya masing-masing.
0 Komentar untuk "CONTOH FIGUR-FIGUR YANG BEROBSESI KEPADA AKHIRAT"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top