Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

  • banners
  • 6 Masalah Hidup Menurut Al-Ghazali


    Hidup itu adalah masalah. Lokok bisa gitu? Iyyalah, karena kehidupan ini tak akan menyenangkan kalau hanya kebahagiaan saja yang ada. Hidup itu perlu masalah agar kehidupan ini tidak datar. Kalau kehidupan kita tidak datar maka kita tak akan bosan dalam menghadapi kehidupan ini.

    Namun, sangat perlu untuk kita ketahui 6 Masalah hidup Menurut Al-Ghazali. Dengan mengetahui 6 masalah hidup, kita akan tahu kenpa bisa terjadi suatu masalah dalam hidup kita ini. Selamat menyimak. ^^          

          Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu ia bertanya kepada mereka, "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman, dan kerabatnya. Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi menurut Imam Ghozali yang paling dekat dengan manusia adalah "mati". Sebab itu sudah janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. (Lihat QS. Ali Imran ayat 185)

    Lalu Imam Ghozali meneruskan pertanyaan yang kedua. "Apa yang paling jauhdari diri kita di dunia ini?". Murid -muridnya ada yang menjawab negara Cina, bulan, matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar adalah "masa lalu". Bagaimanapun kita, apapun kenderaan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

    Lalu Imam Ghozali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga. "Apa yang paling besar di dunia ini?". Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah "nafsu" (Al A'Raf 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

    Pertanyaan keempat adalah, "Apa yang paling berat di dunia ini?". Ada yang menjawab dengan jawaban, baja, besi, dan gajah. "Semua jawaban hampir benar," kata Imam Ghozali, "tapi yang paling berat adalah "memegang AMANAH" sebagaimana firman Allah dalam surat Al Ahzab ayat 72.

    Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya.

    Pertanyaan yang kelima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini?". Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam Ghozali,
    tapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan sholat. Gara-gara pekerjaan kita tinggalkan solat, gara-gara meeting kita tinggalkan sholat.

    Lantas pertanyaan ke enam adalah, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?". Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang... Benar kata Imam Ghozali, tapi yang
    paling tajam adalah "lidah manusia". Karena melalui lidah, manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

    Dari percakapan Al-Ghazali dapat di peroleh kesimpulan bahwa 6 Masalah Hidup Menurut Al-Ghazali adalh sebagai berikut :

    1.      Kematian
    Karena kematian inilah seseorang menjadi takut untuk tak hidup esoknya sehingga melakukana apa pun untuk tetap hidup. Seperti ada orang yang mencuri di sebabkan kelaparan agar bisa bertahan hidup
    2.      Masa Lalu
    Masa lalu dan latar belakang seseorang kadang mempengaruhi masa depan seseorang. Masa lalu inilah yang harus di lindungi agar kehidupan kita itu damai dan tidak terlalu ada masalah yang dapat. Misalkan saja, saat kita melamar pekerjaan harus memiliki ijasah SMA. Iya kalo kita lulus SMA, kalo tidak? Itulah sebabnya bahwa waktu,masa lalu dan masa depan itu penting.
    3.      Nafsu
    Nafsu, adalah teman syetan. Terutama nafsu birahi. Nafsu inilah sebagai pendorong seseorang membuat masalah. Perang yang akan selalu kita lakukan adalah perang melawan hawa Nafsu. Sesungguhnya orang yang hebat adalah orang yang bisa mengendalikan nafsunya agar selamat dunia dan akhirat
    4.      Memegang Amanah
    Memegang amanh itu sangatlah sulit. Memegang amanah itu ibarat memegang sebuah harimau. Kalo kita lepaskan akan mengamuk tapi kalo kita bisa menjaganya maka kita akan di segani banyak orang. Amanah itu ibarat kepercayaan orang lain kepada kita. Kita teledor, kita salah. Kita bisa menjaganya, maka banyak orang yg akan percaya kepada kita.
    5.      Meninggalkan Sholat
    Bukankah kita sering meninggalkan sholat? Sudah menjadi kebiasaan kita bukan untuk meninggalkan sholat jika ada urusan mendadak? Sekarang anda sudah sholat belum? Sangat mudah bagi kita manusia untuk meninggalkan sholat, tapi sulit untuk menegakkan sholat. Karena sesungguhnya Sholat adalah tiang Agama
    6.      Lidah Manusia
    Lidah lebih tajam dari pedang. Kok bisa seperti itu? Karena dengan mudah kita bisa mengeluarkan kata-kata yang menyakiti seseorang. Walaupun mungkin orang itu memaafkan kita, tapi selalu aja ada bekas yang sangat sulit di hapus. Tapi jika pedang, sekali tebas bisa mati atau luka. Dengan lidah manusia kita bisa mengendalikan orang lain dengan mempengaruhinya lalu mengadu domba orang tersebut dengan orang lain. Bukankah itu sangat mudah kita lalukan?

    Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi kita agar lebih waspada terhadap 6 Masalah Hidup Menurut Al-Ghazali. Walau hidup harus ada masalah, tapi janganlah mencari api yang besar. Cukup mencari api yang bermanfaat.


    Oleh The Wohl Abwagend

    4 Komentar untuk "6 Masalah Hidup Menurut Al-Ghazali"

    mantab nih ... menambah wawasan :D

    Wahh Jadi Tahu Sekarang sob nice infonya sob


    Sekalian nie Sob Fplow #30

    Di tunggu nie Sob Folow Balik dan komentarnya
    makasi salam Bloger

    Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

    Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

    "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

    >TERIMA KASIH<

    ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
    Back To Top