Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

10 Cara hadapi Orang Tua Saat Beda Pendapat

Kali ini ilmu dunia dan akhirat ingin berbagi 10 Cara hadapi Orang Tua Saat Beda Pendapat.TIDAK AKAN membuat kita jadi anak durhaka tetapi membuat orang tua kita mengerti dengan pendapat atau perasaan yang ingin kita ungkapkan. Karena walaupun mereka adalah orang tua kita, tetapi mereka hanyalah manusia biasa yang tentu juga pernah salah.

Maka’a saya share ini. Saya sendiri pun kadang suka berselisih dengan mereka masalah ini dan itu. Namun pada akhirnya kadang mereka benar. Kadang kita yang benar. Namanya juga manusia yang sebagai tempat salah.

Berikut ini adalah tips-tips yang harus diikuti agar perbedaan pendapat kita dan orang tua kita menemukan solusi yang terbaik dan tidak terjadi bentrok, eh maksudnya pertengkaran antara kita dengan orang tua kita.


1. Ucapkan Kata Minta Maaf
Pertama-tama kita harus minta maaf pada orang tua kita karena kita tidak sependapat dengan mereka. Meminta maaf tidak selalu dipakai saat kita berbuat salah, tapi saat kita tidak setuju dengan pendapat orang tua kita juga harus meminta maaf. Karena mungkin ada beberapa orang tua yang menganggap bahwa beda pendapat itu membangkang.

2. Pilihlah Momen Yang Tepat

Jika kita ingin mengutarakan perasaan atau pendapat kita pada orang tua kita pilihlah momen yang tepat. Pilihlah momen disaat orang tua kita sedang bersantai, di saat mereka tidak dalam suasana marah.Kenapa harus begitu?? Agar orang tua kita dapat berfikir dengan tenang dan tujuan dari pendapat atau perasaan anda dapat tersampaikan. Dengan begini mungkin mereka akan menyetujui pendapat kita.

3. Berbicaralah Dengan Baik

Kita harus berbicara dengan baik pada orang tua kita. Mengungkapkan pendapat kita dan menguraikannya dengan jelas. Kita tidak boleh berbicara dengan nada tinggi karena itu menandakan kalau kita sedang emosi. Karena kalo mereka orang tua kita mendapat suara kita yang nadanya marah bisa jadi mereka ikut marah merasa anaknya jadi membangkang dan cek cok pun tak bisa dihindari.

4. Berikanlah Contoh Kepada Orang Tua

Disaat kita ingin mengutarakan pendapat atau perasaan kita berikanlah contoh kepada orang tua kita. Agar mereka mengerti dan paham dengan apa yang anda ungkapkan tersebut. Contoh di sini agar mereka bisa lebih paham bahwa pendapat kita itu benar.

5. Mencari Solusi Bersama

Tujuan dari pembicaraan kita dengan orang tua kita tentunya adalah untuk mencari jalan keluar atau solusi. Diskusikan solusi yang kita miliki dan yang diberikan oleh orang tua kita. Agar kita dapat menemukan solusi yang terbaik.

6. Mengalah Untuk Menang

Terkadang orang tua selalu menganggap bahwa mereka lah yang paling benar karena mereka telah menjalani pahit manisnya kehidupan ini. Sebagai anak kita harus menghormati itu. Tapi percayalah suatu saat akan terbukti siapa yang benar. Kita atau orang tua kita.

7. Peluklah mereka

Dengan memeluk orang tua, itu dapat membantu kita untuk meluluhkan perasaan mereka. Karena pelukan menunjukkan rasa sayang kita kepada mereka. Pelukkan juga bukti bahwa kita itu memang saying mereka.

8. Terimalah Dengan Lapang Dada Pendapat mereka jika benar

Jika orang tua kita tetap tidak setuju dengan pendapat kita. Terimalah dengan lapang dada. Janganlah kita menyimpan dendam kepada orang tua kita. Tetaplah tersenyum, karena kalau pendapat kita memang baik, mungkin saja suatu saat orang kita kita akan menyetujuinya. Atau mungkin pendapat orang tua kita memang benar.

Karena ingat kawan, kita anak juga manusia. Kadang bener kadang salah/

9. Ucapkan Terima Kasih

Berterima kasihlah kepada orang tua kita. Jika mereka menyetujui pendapat anda, sudah pasti anda harus mengucapkan terima kasih. Namun jika mereka tidak setuju ucapkanlah terima kasih karena mereka telah mau mendengarkan pendapat kita. Dengan beginikan kita dan mereka sama-sama enak kalo missal pendapat ita di terima atau tidak.

10. Cintailah Orang Tua Kita

Apapun yang terjadi tetap cintai orang tua kita. Karena mereka adalah orang yang nomor satu buat kita. Karena apapun yang orang tua kita lakukan pastilah yang terbaik untuk kita. Karena sudah naluri orang tua kita untuk melindungi dan memberikan yang terbaik untuk anaknya.


Semoga 10 Cara hadapi Orang Tua Saat Beda Pendapat dapat membantu kita menemukan solusi yang terbaik bersama orang tua kita. Dan tentunya tidak membuat kita menjadi anak yang durhaka. Karena, seperti yang saya katakana tadi. Orang tua tidak selamanya benar dan anak tak selamanya salah. J


Di coba ya?? Saya sebagai anak juga berusaha mencobanya kok.. >,<



Tag : REMAJA
11 Komentar untuk "10 Cara hadapi Orang Tua Saat Beda Pendapat"

hmmm masalahanya ane orangnya emosian nie

mksh gan,stju bwanget tuh..,

minta maaf cara yang paling utama harus di lakukan jika masih belum berhasil baru menggunakan cara yang lain nya.

10 cara yang sangat bagus...
terimakasih.

dengarkan pendapat orang tua dulu, kalau menurut kita kurang betul baru kita kasih pendapat kita.

artikel yang bagus...
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

terimakasih atas informasinya...!
salam kenal dan semoga sukses!!!sesungguh saya masih bingun hadapi orang tua kalau saat berdebat :)

ya dengarkan dulu cerita orang tua,kalau menurut kita kurang baik.baru kita jelaskan dengan benar,sabar.

apakah ketika kita berbeda pendapat dgn ortu dan ortu jadi sakit hati (meskipun kita sudah menyampaikan dgn santun) itu artinya ortu tidak ridho dgn kita? dan apakah itu artinya ridho Allah pun gak akan kita dapat?

orang tua itu akdang butuh fakta. bukan hanya ucapan. jadi mereka hrus di beri fakta bhwa pendapat kita itu benar..

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top