Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Kumpulan Fakta Mengenai Kucing


Kumpulan Fakta Mengenai Kucing | Kumpulan Fakta Mengenai Kucing ini wajib di baca bagi para penggemar setia kucing di manapun anda berapa. | Kumpulan Fakta Mengenai Kucing  | Kumpulan Fakta Mengenai Kucing  unik menarik dan impresis bagi siapa saja wajib di lihat dan di baca dnegan cermat. 


1. Masyarakat mesir kuno adalah orang-orang yang pertama menyadari potensi kucing sebagai pemburu tikus. Mereka menjinakkan dan memelihara kucing untuk melindungi ladang dan gudang jagung.
2. Sir Isaac Newton terkenal bukan saja karena penemuan hukum gravitasi, tetapi juga penemuan pintu khusus kucing yang biasa terdapat pada pintu rumah (cat flap).


3. Seekor kucing mempunyai tulang-tulang lebih banyak daripada manusia. Manusia mempunyai 206 buah tulang, sedangkan kucing 230 buah.











4. Daya pendengaran kucing jauh lebih peka daripada manusia dan anjing.

5. Ekor kucing dipergunakan untuk menjaga keseimbangaan, terutama ketika sedang melompat atau berlari.

6. Kemampuan penglihatan kucing di tempat gelap/malam hari, enam kali lebih baik daripada manusia.

7. Kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung.

8. Kucing yang sehat mempunyai suhu tubuh 38 – 39.5 O C.
9. Kucing betina hamil selama 9 minggu, sekitar 62 – 65 hari.

1
0. Rata-rata jumlah anak kucing dalam satu kelahiran adalah 2-6 ekor.

1
1. Ailurofilia adalah istilah yang sering ditujukan pada penyayang kucing yang berlebihan.

1
2. Dengkuran kucing (purring) tidak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan


1
3. Di Amerika & Inggris, lebih banyak kucing yang dipelihara sebagai hewan kesayangan dibandingkan anjing. Setidaknya sekitar 1/3-nya memliki minimal 2 ekor kucing..

1
4. Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan anda, ia sedang menandai anda dengan baunya dan menyatakan anda sebagai pemiliknya.

1
5. Sekitar 37% rumah-rumah di Amerika setidaknya memiliki 1 ekor kucing.
16. Susu dapat menyebabkan diare pada beberapa kucing

17. Rata-rata umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar 3-5 tahun, sementara yang hidup didalam rumah dapat mencapai umur 16 tahun atau lebih lama.
18
. Rata-rata waktu tidur kucing sekitar 16 jam
19. Seekor kucing domestik dapat berlari dengan kecepatan 48 Km/jam
20. Waktu harapan hidup kucing bertambah dua kali lipatnya selama 15 tahun belakangan

2
1. Kaki depan kucing mempunyai 5 jari dan 4 jari pada kaki belakang. Kucing yang lahir dengan 6 atau 7 jari pada kaki depan dan tambahan jari pada kaki belakang disebut polidaktil.

2
2
. Kucing dewasa mempunyai 30 buah gigi, 16 buah di rahang atas dan 14 buah di rahang bawah.



2
3. Ada sekitar 9600 helai rambut tiap cm2 kulit bagian atas dan sekitar 19200 helai rambut tiap cm2 kulit bagian bawah.

24. Pada tahun 2000, sekitar 1.813 ekor kucing digunakan sebagai hewan percobaan laboratorium di Inggris.
25. Setidaknya orang membelanjakan uang senilai USD 1.5 milyar setiap tahun untuk membeli makanan kucing dan USD 200 juta untuk membeli pasir kucing (litter)
26. Setidaknya sekitar 15.118 ekor kucing setiap tahun mati/terlibat dalam berbagai kecelakaan.
27
. Waktu tidur kucing tidur sekitar 16 jam per hari, jadi 2/3 waktu hidupnya dilewatkan di alam mimpi.

28. Benda sejarah tertua yang berhubungan dengan kucing adalah sebuah patung kecil berbentuk wanita sedang menggendong kucing. Patung tersebut ditemukan di Hacilar, Situs neolitik yang terdapat di Turki. Diperkirakan patung tersebut berumur lebih dari 7000 tahun.
29. Anak kucing terbanyak dalam satu kelahiran berjumlah 19 ekor ( 14 ekor betina, 1 jantan, empat sisanya mati). Induk kucingnya bernama tarawood Antigone, seekor kucing burmese berwarna cokelat berumur 4 tahun. Pemilik kucing tersebut bernama Mrs. Valerie Gane dari Oxfordshire, Inggris. Aanak kucing lahir melalui operasi caesar pada tanggal 7 Agustus 1970.
30
. Lidah kucing tidak dapat merasa karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah. Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan.

31. Kucing Siam pertama yang datang ke Amerika secara legal adalah hadiah dari Konsulat Bangkok untuk presiden Rutherford B. Hayes pada tahun 1878.
32. Rekor Kucing domestik terberat dipegang oleh Himmy. Pemiliknya bernama Thomas Vyse dari Queensland, Australia. Beratnya mencapai 46 lb oz atau sekitar 20 Kg . Himmy mati ketika umur 10 tahun pada tahun 1986.

33. Pada tahun 1976 seekor kucing misterius di Hongkong membunuh lebih dari 20 ekor anjing. Berdasarkan kesaksian penduduk setempat panjang kucing tersebut sekitar 4 feet (1.2 m) dan berwarna abu-abu, hitam. Kucing tersebut tidak berhasil ditangkap.



34. Seekor kucing betina bernama Dusty dari Bonham, Texas disebutkan sebagai kucing paling produktif. Pada tahun 1952 Dusty telah melahirkan 420 ekor anak kucing.
35. Pemegang rekor kucing jatuh dari tempat tertinggi adalah kucing bernama Andy. Pemiliknya adalah seorang Senator dari Florida bernama Ken Myer. Pada tahun 1970, kucing tersebut jatuh dari apartemen lantai 16 dan berhasil selamat.
36. Nedjem (artinya manis atau menyenangkan) adalah nama pertama yang diberikan pada seekor kucing. Diketahui dari peninggalan zaman Raja Tutmosis III (1479 SM – 1425 SM).
37. Kucing tertua lahir pada tahun 1903 dan mati tahun 1939 (berumur 36 tahun). Kucing tersebut berwarna tabby dan bernama Puss.
38. Seekor kucing bernama Hamlet kabur dari kandangnya dalam sebuah penerbangan melewati laut atlantik dan terperangkap di pesawat tersebut. Hamlet baru diketemukan 7 hari kemudian setelah menempuh perjalanan dengan pesawat sejauh 600,000 mil.
39. Kucing saat jatuh selalu kaki terlebih dahulu. Hal itu terjadi karena kucing mempunyai insting jatuh dengan kaki terlebih dahulu, mereka mungkin selamat kalau jatuh dari tempat yang tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa mengalami patah tulang.

40.Kemampuan kucing meloncat terletak pada kedua otot pahanya, sehingga mereka mampu meloncat dari tanah sampai ke atap rumah.

41.Kucing dapat memendekkan dan memanjangkan tulang belakangnya, sehingga mereka dapat tidur meringkuk atau meregangkan tubuhnya ketika melompat. Ini disebabkan karena sendi tulang belakangnya tebal dan longgar.

42.Kucing menyukai tempat yang hangat seperti halnya manusia. Kita mulai merasakan tidak nyaman pada temperature 44.5°C, tetapi kucing belum merasa terganggu pada temperature 52°C.

43.Kucing dapat tertular oleh organisme tertentu melalui udara atau yang terbawa pada sepatu, sandal atau pakaian sang pemilik, meskipun kucing selalu berada di dalam lingkungan rumah (tidak pernah keluar rumah).

44.Penambahan bawang putih dalam makanan kucing dipercaya dapat mencegah cacingan. Pemikiran tersebut kurang begitu sesuai, bawang putih hanya akan menambah rasa pada pakan namun kurang efektif untuk mencegah cacingan. Pencegahan cacingan yang terbaik yaitu dengan pemberian obat cacing oleh dokter hewan.

45.Beberapa kucing dapat terinfeksi parasit protozoa Toxoplasmosis, yang dapat ditularkan ke manusia melalui kotorannya dan berisiko pada janin. Jika wanita sedang hamil, sebaiknya hindari untuk membersihkan kotoran kucing (cat litter) dan selalu menjaga kebersihan setiap hari. Tidak ada larangan yang menyebutkan, wanita hamil tidak boleh memelihara kucing. Namun semuanya kembali kepada penjagaan tingkat kebersihan. Vaksinasi yang diberikan pada kucing, tidak ada yang untuk mencegah ke penyakit Toksoplasmosis.

46.Pada kumis kucing terdapat syaraf yang sangat peka terhadap sedikit sentuhan saja.

47.Menurut penelitian, dari semua bagian tubuh kucing, cakar merupakan bagian yang sangat sensitif dengan sentuhan yang halus sekalipun.

48.Kucing mempunyai insting untuk menemukan jalan menuju ke rumah, diketahui kucing menggunakan arah mata angin sebagai alat navigasi mereka.

49.Kucing menghabiskan sekitar 70% dari hidupnya untuk tidur dan 15% untuk grooming. Hal ini tidak hanya pada kucing domestik saja, singa menghabiskan waktunya untuk tidur selama 20 jam sehari.

50.Kucing berjalan dengan melangkahkan kaki depan dan kaki belakang pada satu sisi secara bersamaan, kemudian diikuti sisi lainnya. Hanya onta dan jerapah yang berajlan dengan cara yang sama seperti kucing.


51.Kucing yang memiliki warna tiga, brangtelon (jawa) dan jantan, akan diburu oleh pejantan lain, karena ia akan lahir sebagai kucing yang “sakti”. Warna yang dimaksud adalah kelabu agak kemerah-merahan, hitam, dan putih

52. Kucing saat melahirkan anaknya, akan memindahkan anaknya hingga tujuh tempat. Konon, katanya untuk melindunginya dari kucing lainnya atau hewan lainnya

    53.Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species. Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia (syukurlah...). Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.

    54.Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

    55. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata "Meong". Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan "Meow". Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis "Miaow". Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata "Nya".

     56.Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

    57.Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Sementara itu kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 - 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 - 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari!

    58.Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

59. Kucing dapat mencium dengan mulutnya

  60. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya

61. kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan

62. Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing 65 khz, sedangkan manusia 20 khz

63. Kucing memiliki mata terbesar dibandingkan dengan mamalia lainnya (dalam hubungannya dengan besarnya tubuh)



64. Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina

65. Cakupan pandangan kucing 185 derajat

66. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta

67. Denyut nadi kucing normal antara 110-170 denyutan per menit (jika anda ingin melakukan pengecekan denyut nadi lakukan di paha belakang di bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuh)

68. Kucing menarik nafas sebanyak 20-40 kali per menit

69. Suhu tubuh kucing normal 102F atau 38.8C

70. Kucing kampung dapat lari dengan kecepatan 31 mile per jam

71. Kucing memiliki system syaraf yang sangat sensitive

72. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya

73. Setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama

74. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suata wanita memiliki puncak yang lebih tinggi

75. Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing

76. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita



77. Di Israel Kucing Pun dianggap Teroris , Ya Allah.......!!

Tag : CAT
0 Komentar untuk "Kumpulan Fakta Mengenai Kucing "

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top