Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

  • banners
  • Unsur Unsur Interinsik Cerpen


    Assalamu’alaikum . . .
    Pada kesempatan kali ini, Blog Ilmu Dunia dan Akhirat akan menyajikan materi SMA, yaitu Unsur Unsur Interinsik Cerpen. Unsur Unsur Interinsik Cerpen memang wajib di ketahui oleh setiap pelajar. Karena dalam Ujian Nasional, sepertinya masalah ini akan keluar dan ada di Ujian Nasional SMA.

    Untuk Soal Lain dan Materi SMA lain bisa di lihat Materi SMA : Fisika Bab Fluida dan Soal Olimpiade Biologi SMA.

    Bahasa Indonesia pun kadang di remehkan oleh siswa siswa SMA/MA dan banyak di antara mereka yang tidak belajar bahasa Indonesia, seperti blajar materi SMA. Unsur Unsur Interinsik Cerpen dan mengerjakan soal soal SMA. Tanda Basa Basi lagi saya persembahkan kepada kalian semua, MATERI sma : Unsur Unsur Interinsik Cerpen :

    Cerpen merupakan jenis (genre) sastra yang paling banyak diminati orang. Setiap minggu, begitu banyak Cerpen bermunculan di media massa. Gemarkah Anda membaca Cerpen? Dalam pelajaran kali ini, Anda akan berlatih untuk mengidentifikasi Cerpen yang akan dibacakan oleh teman Anda. Anda akan melakukan analisis terhadap alur, penokohan, dan latar yang ada dalam Cerpen tersebut. Setelah itu, Anda akan mendiskusikannya di dalam kelas. Dengan kegiatan ini, diharapkan  Anda semakin gemar membaca Cerpen dan pandai mengidentifikasi  unsur-unsur intrinsik yang ada di dalamnya.

    Anda tentu pernah membaca Cerpen. Cerpen tersebut dapat ditemukan dengan mudah dalam majalah anak-anak yang sering Anda baca sejak kecil, majalah remaja yang kini gemar Anda baca, juga dalam surat kabar. Sudah berapa judul Cerpen yang Anda baca? Tentunya sudah sangat banyak.

    Cerpen merupakan salah satu genre sastra selain novel, puisi, hikayat, dan naskah drama. Seperti halnya novel, Cerpen dapat di-kategorikan sebagai karya prosa fiksi. Cerita pendek sering disebut sebagai cerita rekaan yang relatif pendek karena dapat selesai dibaca dalam satu kali pembacaan. Dalam penyajiannya, Cerpen disusun secara cermat dan hemat serta berfokus pada satu pokok permasalahan.

    Cerpen memiliki unsur-unsur intrinsik. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian penting dalam merbentuknya sebuah cerita. Unsur-unsur tersebut adalah alur, penokohan, dan latar. Dalam pembelajaran kali ini, Anda akan belajar menganalisis unsur-unsur tersebut.

    1. Alur Cerpen


    Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan  oleh para pelaku dalam suatu cerita. Berdasarkan susunan periode waktu, alur dapat dibedakan menjadi alur konvensional dan alur nonkonvensional. Suatu Cerpen dikatakan memiliki alur konvensional jika waktu dalam cerita berurutan dari periode pertama sampai periode akhir. Sementara itu, cerita dikatakan memiliki alur nonkonvensional jika periode-periode dalam cerita tidak berurutan.


    2. Penokohan Cerpen


    Dalam sebuah Cerpen, tokoh dibedakan menjadi tokoh utama dan tokoh pendukung. Tokoh utama adalah peran inti yang paling penting dalam sebuah cerita. Adapun tokoh pendukung adalah tokoh yang melengkapi keberadaan tokoh utama. Meskipun tokoh pendukung sering dikatakan sebagai tokoh yang tidak penting, sebetulnya tokoh pendukunglah yang menyokong keberadaan tokoh utama. Untuk menentukan mana yang merupakan tokoh utama dan tokoh pendukung, dapat ditentukan dengan mengamati hal-hal berikut.

    a. Melihat kuantitas kemunculan tokoh tersebut dalam Cerpen.
    b. Memerhatikan petunjuk yang diberikan oleh pengarang melalui komentar pengarang.

    3. Latar Cerpen

    Latar merupakan salah satu unsur pelengkap isi cerita yang tidak bisa dipisahkan dari analisis aspek tekstual karya sastra. Begitu juga dalam Cerpen, latar memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun cerita secara utuh. Latar merupakan salah satu unsur pelengkap isi cerita. Latar atau settingmengacu pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar memberikan pijakan cerita secara konkret dan jelas. Hal ini penting untuk memberikan kesan nyata pada pembaca, yakni menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh-sungguh ada dan terjadi.

    Latar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu latar tempat dan latar waktu. Latar tempat merupakan bentukan lokasi tiap-tiap peristiwa terjadi, sedangkan latar waktu merupakan bentukan waktunya.

    Unsur Interinsik dalam Cerpen ada berbeagai macam. Banyak pendapat paar ahli yang berbeda dalam penentuan Unsur Interinsik dalam Cerpen. Artikel ini salah satunya yang memiliki pandangan berbeda dalam penentuan Unsur Interinsik dalam Cerpen.

    Wassalamu’alaikum . . .


    Tag : Education
    0 Komentar untuk "Unsur Unsur Interinsik Cerpen"

    Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

    Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

    "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

    >TERIMA KASIH<

    ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
    Back To Top