Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Teripang Raksasa Makan Dengan Anus



Assalamu’alaikum  ,,  , ,

Teripang Raksasa Makan Dengan Anus

Sesuai dengan judul di atas Teripang RaksasaMakan Dengan Anus.  Berita aneh ayng saya dapat dari www.kompas.com ini sungguh mengejutkan saya. Kenapa? Coba di pikirkan, Teripang, salah satu makhluk laut unik berbentuk tabung, diketahui memiliki satu mulut dan satu anus. Namun, penelitian terbaru mengungkap bahwa teripang raksasa california (Parastichopus californicus) menggunakan anus sebagai mulut keduanya.
Jadi anus sebagai keluarnya tempat pup alias system ekskresi menjadi system masuknya makanan. Hii.. ga bisa bayangin juga.

lantas bagaimana manusia tahu Teripang Raksasa Makan Dengan Anus ?  halini karena Penelitian dilakukan William Jaeckle dari Illinois Wesleyan University dan Richard Strathmann dari University of Washington dan dilaporkan dalam jurnalInvertebrate Biology edisi Maret 2013. Mereka mendapat petunjuk awal mengenai keunikan teripang ini ketika mempelajari struktur yang disebut rete mirabilealiran darah penghubung saluran pernapasan teripang dengan usus.

Awalnya, kedua peneliti ini mengira rete mirabile digunakan untuk mentransfer oksigen dari saluran pernapasan ke ususnya. Namun, P californicus diketahui mendapatkan makan lewat anusnya. Membuka pemikiran, mungkinkah rete mirabile juga digunakan untuk mengantar makanan ke usus?

Untuk mengujinya, Jaeckle dan Strathmann memberi makan teripang ini dengan alga radioaktif yang mengandung partikel besi. Radioaktif dan besi ini mudah dilacak saat "menjelajah" di tubuh teripang.

Hasilnya menunjukkan P californicus memakan alga menggunakan mulut aslinya dan kemudian sampai ke usus. Namun, ditemukan juga adanya level radioaktif yang tinggi saat rete mirabile diperiksa.


Ini semakin menguatkan bukti bahwa P californicus menggunakan anus sebagai mulut kedua. Kedua peneliti ini juga menyimpulkan bahwa meski pola makan bipolar ini ditemukan pada teripang, tidak menutup kemungkinan spesies lain di laut juga melakukan hal yang sama. 

Penelitian ini mungkin tak akan berakhir sampai di sini. Teripang Raksasa Makan DenganAnus mungkin akan menjadi yang pertama di ketahui bahwa teripang makan dengan anus itu yang pertama. Spesies lain mungkin akan lebih mengejutkan lagi. Apakah anda yang akan menemukan spesies itu?

Kami tunggu..!!

Sumber : Kompas 

Artikel Menggemparkan seperti :

POSEIDON (XI IPA 1 MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2012/2013 ) TEMPO DOELOE


Tag : SCIENCE
0 Komentar untuk "Teripang Raksasa Makan Dengan Anus"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top