Home » , , » 100 Ilmuan Muslim Yang Belum Banyak Diketahui Serta Peranannya (Part 2)

100 Ilmuan Muslim Yang Belum Banyak Diketahui Serta Peranannya (Part 2)

Written By Naufaldi Rafif Satriya on Saturday, June 16, 2012 | 12:07 PM






Sekarang lihatlah dunia kaum muslim. Kapankah Anda terakhir kali mendengar seorang muslim memenangkan hadiah Nobel dalam bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran? Bagaimana dengan publikasi ilmiah? Sayangnya, Anda tidak akan menemukan banyak nama kaum Muslim dalam bidang ilmu pengetahuan dan makalah-makalah ilmiah. Apa yang kurang? Alasan apa yang kita miliki? Andalah yang bisa menjawabnya.

Sedangkan Di Bawah ini adalah beberapa ilmuan muslim yang saya peroleh dari kaskus :

A. Kedokteran

1. Ibnu Sina
Ibnu Sina mempunya nama lengkap Abu Ali Al-Husaini bin Abdullah bin Sina (wafat tahun 428 H/1037 M). Beliau dibesarkan di lembah Sungai Dajlah dan Furat, di tepi selatan Laut Kaspia, kawasan Bukhara. Ketika masih kecil beliau telah hafal Al-Qur'an, menguasai tata bahasa Arab (nahwu-saraf) serta mendalami Ilmu Fikih. Ia belajar Ilmu Mantik pada seorang guru filsafat, bahkan gurunya terkejut karena kecerdasannya.

Pada usia 17 tahun, ia telah memahami seluruh teori kedokteran melebihi siapapun. Oleh karena itu, Ibnu Sina diangkat menjadi Penasihat para dokter yang praktik pada masa itu. Ibnu Sina terkenal sebagai Bapak Kedokteran Dunia. Bukunya yang terkenal ialah Qanun Fit-Tib (Dasar-dasar Ilmu Kedokteran) yang menjadi rujukan utama dunia kedokteran saat itu. Sarjana-sarjana Barat sangat mengenal beliau dan menyebutnya dengan Avicena

2. Ibnu Rusyd
Nama asli Ibnu Rusyd adalah Abdul Walid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd. Beliau lahir di ujung barat Negeri Islam, yaitu Kordoba, Spanyol. Beliau wafat pada tahun 595 H/1198 M dalam usia 72 tahun di Maroko. Tiga bulan setelah dimakamkan, kerangkanya dipindakan di makam keluarga di Kordoba.

Ibnu Rusyd dibesarkan dalam keluarga yang teguh menegakkan agama dan berpengetahuan luas. Neneknya seorang ahli Fikih dan Tokoh Politik yang berpengaruh serta hakim agung di Andalusia. Ayahnya Abu Qasim Ahmad juga hakim di negeri ini.

Ibnu Rusyd muda belajar matematika, astronomi, filsafat, dan kedokteran antara lain kepada Ibnu Basykawal, Ibnu Masarroh, dan Abu Ja'far Harun. Di Barat beliau lebih dikenal sebagai ahli dan tokoh di bidang kedokteran dengan karyanya Al-Kulliyyat yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Atas kepandaiannya inilah maka pada tahun 1182 ia diangkat sebagai dokter pribadi khalifah di Maroko.

Pemikiran-pemikiran Ibnu Rusyd sangat berpengaruh di negara-negara Eropa, terutama di kalangan kampus/universitas. Karyanya menjadi bahan kajian ilmiah yang utama. Beliau dikenal dengan nama Averus.

3. Ar-Razi
Ar-Razi bernama lengkap Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi. DI Dunia Barat dikenal dengan nama Rhazes. Beliau lahir di Rayy, dekat Teheran pada tahun 251 H dan wafat pada tahun 320 H. Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yakni pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderita psikosomatis.

B. Matematika

1. Al-Khawarizmi
Al-Khawarizmi hidup dari tahun 780 - 850 M. Beliau adalah peletak dasar ilmu matematika dengan karyanya yang terkenal Al-Jabru wal Muqabbala. Dari buku itu kita mengenal ilmu aljabar yang diajarkan di berbagai sekolah di dunia, termasuk di Indonesia, yang kini diubah menjadi matematika. Beliau inilah yang menemukan angka nol. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Aljabar.

2. Jamsyid Giatsuddin Al-Kasyi
Jamsyid hidup pada abad ke-7 di kota Samarkand, salah satu provinsi di Uzbekistan. Jamsyid adalah ulama yang sangat pandai dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Beliau seorang profesor dalam bidang matematika dan astronomi di Universitas Samarkand. Beliaulah peletak dasar aritmatik yang dilakukan atas dasar slide rule yang dianggap sebagai penemuan ilmiah paling penting dalam matematika.

3. Sabit bin Qurrah Al-Hirany:
Kitab karangannya yang terkenal adalah:
Hisabul Ahillah
Kitabul ‘Adad

4. Ibnu Haitsam

Kitab karangannya yang terkenal adalah:

Qaulun fi Halli Masalatil ‘Adadiah
Muqaddimah Dalilul Musaba
Ta’liqun fil Jabr

C.Biologi
1.As-Simay

As-Simay adalah seorang ahli bologi. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah Kitabun Nabati wasy Syujjar. Buku ini mengupas masalah biologi, terutama bidang tumbuh-tumbuhan dan pepohonan.

2. Ibnul Awwan
Ibnul Awwan adalah seorang yang ahli dalam bidang biologi, khususnya bidang pertanian. Bukunya yang terkenal adalah Al-Fallah.

3. Al-Jahiz
Al-Jahiz seorang yang ahli dalam bidang biologi, khususnya bidang ilmu hewan. Karyanya yang terkenal adalah Al-Hayawan.

D. Sosiologi
1. Abu Abdillah Al-Qazwaini

Abu Abdillah Al-Qazwaini dilahirkan pada abad ke-7 hijriah. Beliau terkenal sebagai seorang ulama dan ahli dalam bidang sejarah. Kitab yang dikarangnya merupakan kitab terbaik pada masanya dengan judul, Asarul Bilad wa Akhbarul Ibad. Beliau meniliti sesuai dengan judul kitabnya, yaitu tabiat Negara atau daerah dan apa yang terkenal, disamping menyelidiki keadaan penduduk dan kehidupannya. Al-Qazwaini juga telah mendahului ilmu modern dalam rincian ilomiahnya dalam kitabnya itu.

2. Abu Ar-Raihan Al-Bairuni
Al-Bairuni dilahirkan pada tahun 364 M dan hidup 75 tahun. Beliau telah menyusun kitab Al-Atsar Al-Baqiah yang merupakan kitab pertama didunia yang meniliti tentang sejarah, perbedaan bulan, tahun, penanggalan, sebab, dan cara mengistinbatkannya. Kitab lain yang terkenal adalah Tahqiqu Ma Lil Hindi Min Ma'qulah Maqbulatun Fi 'Aqli Au Marzulah, dianggap kitab yang mebgadakan studi tentang India secara lengkap. Di dalammnya dijelaskan sifat-sifat alamnya, tanahnya, cuacanya, adat penduduknya, pertumbuhannya, dan asal usulnya.


Itulah sekelumit sejarah peradaban Islam. Kita tentu ingin mengetahui lagi siapakah orang-orang yang ahli tersebut. Mari kita lihat siapa sajakah mereka…
1.    Ibnu Sina
Nama lengkap beliau adalah Abu Ali Al-Husaini ibn Abdullah bin Sina. Sarjana-sarjana Barat sangat mengenal beliau dan menyebutnya dengan Avicena. Ketika masih kecil beliau telah Hafal Al-Qur’an, menguasai ilmu grammar bahasa Arab (Nahwu – Shorof) serta mendalami ilmu Fiqih. Ia belajar ilmu Mantik pada seorang guru filsafat, bahkan gurunya terkejut karena kecerdasan beliau.

Pada usia 17 tahun, beliau telah menguasai semua ilmu kedokteran melebihi siapapun. Karena itulah beliau akhirnya diangkat menjadi konsultan dokter yang praktik saat itu. Ibnu Sina terkenal sebagai Bapak Kedokteran Dunia. Bukunya yang terkenal yaitu Qanun Fit-Thiib (Dasar-Dasar Ilmu Kedokteran) yang menjadi rujukan utama saat itu.

2.    Ibnu Rusyd
Nama aslinya adalah Abdul Wahid Muhammad bin Ahmad bin Rusyd. Di Barat beliau dikenal dengan nama Averus. Beliau belajar Matematika, Astronomi, Filsafat dan Kedokteran antara lain pada Ibnu Basykawal, Ibnu Massaroh dan Abu Ja’far Harun. Karyanya Al-Kulliyat telah diterjemahkan ke pelbagai bahasa. Karena kepandaiannya beliau diangkat sebagai dokter pribadi seorang Khalifah di Maroko.

3.    Ar-Razi
Bernama lengkap Abu Bakar Muhammad ibn Zakaria Ar-Razi. Di dunia Barat beliau dukenal dengan nama Rhazes. Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan ilmu jiwa, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi penderita psikosomatis (gangguan emosi dan mental).
4.    Al-Khowarizmi
Beliau adalah bapak Aljabar. Karyanya yang terkenal yaitu Kitab Al-Jabru wal Muqabbala. Dari buku ini kita mengenal ilmu Aljabar yang diajarkan di pelbagai sekolah di dunia termasuk di Indonesia. Beliau juga yang menemukan angka nol. Di Barat beliau dikenal dengan nama Alghorizm. Nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah ilmu matematika yang disebut Algoritma.

5.    Jamsyid Giatsuddin Al-Kasyri
Beliau hidup pada abad ke-17. Beliau adalah ulama’ yang sangat pandai dalam hal agama dan ilmu pengetahuan. Beliau adalah seorang Professor dalam bidang Matematika dan Astronomi di Universitas Samarkand. Beliaulah peletak dasar aritmatika yang dilakukan atas dasar slide rule yang dianggap sebagai penemuan ilmiah paling penting dalam matematika pada abad kini. Buku karangannya yang terkenal yaitu Makhutu Miftahil Hisab.

6.    As-Simay
As-Simay adalah seorang yang ahli dalam bidang Biologi. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah Kitabun Nabati was Syujjar. Buku ini mengupas masalah biologi, terutama bidang tumbuh-tumbuhan dan pepohonan.

7.    Ibnul Awwan
Ibnu Awwan adalah seorang yang ahli dalam bidang pertanian. Bukunya yang terkenal
yaitu Al-Fallah.

8.    Al-Jahiz
Al-Jahiz adalah seorang yang ahli dalam bidang biologi, khususnya bidang ilmu hewan. Karyanya yang terkenal adalah Al-Hayawan.

9.    Sabit bin Qurrah Al-Hirany
Beliau seorang yang ahli dalam bidang matematika. Karyanya yang terkenal antara lain Kitab Hisabul Ahillah dan Kitabul ‘Adad.

10. Ibnu Haitsam
Beliau juga termasuk orang yang ahli dalam matematika. Kitab karangannya yang terkenal adalah Kitab Qaulun fi Halli Masalatil ‘Adadiyah, Muqaddimah Dalilul Musaba, dan Ta’liqun fil Jabr.

11. Abu Abdillah Al-Qazwani
Dilahirkan pada abad ke-7 Hijriyah. Beliau adalah seorang ulama’ yang ahli dalam bidang sejarah. Kitab yang dikarangnya, Asarul Bilad wa Akhbarul Bilad adalah kitab terbaik pada masanya.

12. Abu Ar-Raihan Al-Bairuni
Beliau telah menyusun Kitab Al-Atsar Al-Baqiah yang merupakan kitab pertama di dunia yang meneliti tentang sejarah, perbedaan bulan, tahun, penanggalan, sebab, dan cara mengistinbatkannya. Kitab lain yang terkenal adalah Tahqiqu lil Hindi min Ma’qulah Maqbulatun fi ‘Aqli au Marzulah. dianggap sebagai kitab yang mengadakan studi tentang India secara lengkap. Di dalamnya dijelaskan sifat-sifat alamnya, tanahnya, cuacanya, adat penduduknya, pertumbuhannya dan asal-usulnya.
Merekalah diantara tokoh-tokoh Islam lain yang juga memberi sumbangsih besar bagi ilmu pengetahuan, dan nama mereka tercatat dalam tinta emas sejarah. Karena itu bersemangatlah dalam belajar dan bekerja untuk menghasilkan yang terbaik bagi nusa, bangsa dan agama. Firman Allah :

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujadilah : 11)




Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
 
Support : Ilmu Dunia dan Akhirat | I.D.D.A. | ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Copyright © 2013. I.D.D.A.╚ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger