Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Asal Usul Istilah Indonesia


Asal Usul Istilah Indonesia, hari ini saya mau share sebuah tulisan yang mengungkapkan tabir Asal Usul Istilah Indonesia. Lebih tepatnya asal usul nama negara kita indonesia yang terkenal dengan pulaunya. Tulisan ini saya buat agar tidak ada yang tidak tahu Asal Usul Istilah Indonesia yang sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan. Sebelum zaman kemerdekaan? Iya, tepat sekali.

 Penasaran bukan? Jika penasaran baca saja di Asal Usul Istilah Indonesia yang bisa bermanfaat bagi kita semua.


Pertama-tama kita akan melihat nama indonesia dari geografis. Yang dimaksud dengan Indonesia dalam pengertian geografis dan bangsa.Menurut pengertian geografis, Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95º - 141º Bujur Timur, dan 6º Lintang utara sampai 11º Lintang Selatan. Sedangkan Indonesia dalam arti bangsa yang secara politik, ekonomi dan sosial budaya dalam wilayah tersebut.

Istilah Indonesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang ahli etnologi Inggris bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. Istilah Indonesia digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut Indonesians dan Melayunesians bagi penduduk Kepulauan Melayu.

Pada tahun 1862 istilah Indonesia digunakan oleh seorang Inggris bernama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi. Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.

Sedangkan Kata Indonesia berasal dari kata Latin Indus yang berarti Hindia dan dari kata Yunani nesos yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau. Dengan demikian, kata Indonesia berarti pulau-pulau yang banyak di Hindia

Indonesia dikenal pula dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi, Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau. Bukankah sering di sebut NKRI?  Negara Kesatuan Replubik Indonesia yang identik dengan nusantara?

Bangsa Indonesia barulah pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politik. Istilah Indonesia sendiri untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yaitu organisasi pelajar yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di negeri Belanda yang pada itu sekitar tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereeniging. Kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun yang sama 1922 dari Organisasi bernama Indonesische Vereeniging namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta menggunakan istilah Indonesia dalam hubungan dengan persatuan bangsa. Kongres Pemuda II tersebut pada tanggal 29 oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Jadi kesimpulannya adalah Istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai negari kita pada tanggal 17 augustus 1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Menarik bukan Asal Usul Istilah Indonesia yang sudah di pakai lebih dari 1 abad ini?? Walaupun sudah lebih dari 1 aba, namun hanya sedikit saja yang mengetahui Asal Usul Istilah Indonesia yang di jadikan nama bahasa dan nama negara ini.

By : The Wohl Abwagend

Tag : REMAJA, SCIENCE
0 Komentar untuk "Asal Usul Istilah Indonesia"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top