Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Proyek Kamera Gigapiksel, Teknologi Tercanggih!


DARPA Munculkan Proyek Kamera Gigapiksel
Suriah terjadi bentrok, perang di afganistan belum juga selesai. Kali ini memunculkan sebuah berita yang sangat heboh sekali. DARPA Munculkan Proyek Kamera Gigapiksel DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) baru saja memunculkan proyek terbarunya. Dalam proyek terbaru tersebut, mereka membuat perangkat canggih yakni sebuah kamera gigapiksel. Waduh, gigapiksel?? Gimana hasilnya pasti bagus sekali? Padahal yang 8 mega pixel aja udah bagus. ^^

Kamera tersebut pun mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan melihat mata manusia. Mungkin ini upaya untuk tandingi Tuhan, hehehe. Dalam sebuah tes yang mereka lakukan, kamera tersebut mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1.4 gigapiksel dan 0.96 gigapiksel yang sangat teliti dalam gambar yang di hasilkan kamera ini. Penelitian tersebut pun mereka lanjutkan dengan target gambar mencapai resolusi antara 10 hingga 50 gigapiksel. Para ilmuan terus berupaya agar kamre ini siap dan bisa untuk bidang militer.
Sebagai bahanperbandingan, saat ini banyak handphone pintar baik Android, iPhone, BlackBerry ataupun Windows Phone yang memiliki kamera 8 megapiksel yang sudah lumayan dalam pengambilan gambar. Dan, 1 gigapiksel sama dengan 1.000 megapiksel atau 1 miliar piksel. Cara kerja kamera ini pun hampir mirip dengan cara kerja prosesor paralel pada superkomputer, yakni memakai menggunakan 100 dan 150 micro kamera untuk menghasilkan gambar wide panoramic dengan resolusi sangat tinggi.
Proyek kamera ini merupakan salah satu program AWARE (Advance Wide Field of Vision Architectures for Image Reconstruction and Exploitation) milik DARPA. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengamatan dalam bidang militer.
Kamera ini mungkin di indikasikan memiliki harga yang sangat mahal mengingat resolusinya yang sangat tinggi. Bagaimana seandainya kamera itu sebagai alat photografer?? Wah.. pasti heboh kamera milik DARPA yang meMunculkan Proyek Kamera Gigapiksel.

Semoga bermanfaat ya  berita mengenai DARPA Munculkan ProyekKamera Gigapiksel

Tag : SCIENCE
0 Komentar untuk "Proyek Kamera Gigapiksel, Teknologi Tercanggih!"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top