Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Cara Puasa bagi penderita maag



Assalamu’alaikum . . .


Sebuah kata yang tidak asing lagi kan di telinga anda ? saya sendiri sebagai admin juga penderita maag loo.. oleh karena itu saya share artikel mengenai Cara Puasa bagi penderita maag. Loo emank beda ya cara berpuasanya dengan yang tidak menderita maag?/ sebenarnya tidak berbeda tapi memiliki beberapa hal yang sangat harus kita sebagai penderita maag di hindari.

Penasaran bukan Cara Puasa bagi penderita maag?? jika iya, silahkan di simak saja Cara Puasa bagi penderita maag ini.. semoga bermanfaat ya... ><

Ilmu- Berpuasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim hukumnya wajib, adapun jika ada muslim yang tak berpuasa mereka harus menggantinya dengan hari lain. Namun, ada orang yang beranggapan, puasa akan membuat penderita maag akan semakin para!! Pendapat seperti itu sebenarnya adalah hanya mitos yang secara klinis tak terbukti.  Untuk itu, saya share Cara Puasa bagi penderita maag agar tak menimbulkan salah paham bagi orang-orang.. ><

Apakah penyakit maag?
Penyakit maag atau dalam bahasa medisnya disebut dispepsia adalah salah satu penyakit usus yang paling umum. Dispepsia bisa bersifat fungsional atau organik. 

Dispepsia fungsional disebabkan oleh tidak normalnya kerja otot atau saraf yang mengendalikan organ-organ pencernaan. Saraf yang mengendalikan organ pencernaan meliputi tidak hanya saraf yang terletak di usus tetapi juga jaringan saraf tulang belakang dan otak. Dispepsiaorganik, yang lebih jarang, disebabkan oleh kelainan di kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari.

Gejala penyakit maag adalah nyeri ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, sendawa, dan mulut terasa pahit. Serangan maag biasanya terjadi tiba-tiba namun tidak berlangsung lama.

Jadi bukan berarti sakit lambung biasa bisa di sebut maag looo.. namun, perlu anda ketahui, jika merasa sakit maagnya berbeda dengan yang dulu-dulu sebaiknya di periksakan ke dokter. Paham??? Oke deh.. lanjut ke Cara Puasa bagi penderita maag

Lantas Apa Manfaat puasa bagi penderita sakit maag

Dispepsia fungsional biasanya terjadi karena pola makan yang tidak teratur, kebiasaan makan kudapan berlemak/berminyak, terlalu banyak minum minuman bersoda/berkafein, atau stres.

Ketika berpuasa, pola makan seseorang menjadi teratur (setidaknya di siang hari), mengurangi mengudap makanan berlemak dan minuman bersoda/ berkafein, serta cenderung bersabar dan mengurangi stres. Kesemuanya berdampak positif terhadap penyakit maagnya.


Tips berpuasa bagi penderita sakit maag

Perlu anda ketahui sebelumnya, artikel
Cara Puasa bagi penderita maag ini sebenarnya juga tergantung masing-masing individu. Ada yang bisa dipakai semua dan berhasil namun ada juga bagi beberapa individu yang tak bisa mengerjakan apa yang artikel Cara Puasa bagi penderita maag ini bekerja.
Konsultasikan dengan dokter bila Anda menderita dispepsia organik. Dokter akan menyarankan boleh tidaknya berpuasa tergantung sebab dan keparahan penyakit. Penderita dispepsia yang disebabkan oleh polip, tumor, atau ulkus mungkin disarankan tidak berpuasa. 

Tentu saja dokter akan memahami keaadan umat muslim dan memberikan obat sesuai jam berbuka dan sahur. Untuk berjaga-jaga saja, bagi para penderita maag ikutilah anjjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka dengan buah atau yang manis dan sempatkan sahur.

Hindari makanan atau minuman:

- yang banyak mengandung gas, seperti sawi, nangka, pisang, dan durian.

- yang merangsang sekresi asam lambung seperti kopi dan susu.

- yang lambat dicerna/berlemak seperti keju, goreng-gorengan, kue tar, dan cokelat.

- yang dapat mengiritasi dinding lambung seperti soda, cuka, cabe, merica, dan bumbu yang merangsang.

-  yang mengandung pati lengket seperti beras ketan, dodol, mie, maizena, singkong, dan talas.

- Makanlah pepaya matang dan wortel. Karena dalam pepaya dan wortel memiliki Enzim enzim yang  membantu mencerna makanan berlemak dan berminyak.

Upayakan untuk selalu makan sahur dan berbuka dengan cukup alias tidak berlebihan. Mungkin hanya inilah yang bisa saya sampaikan  kepada kalian semua. Semoga bermanfaat artikel yang ringkas ini.

Wassalamu’alaikum...

By The Wohl Abwagend
Tag : REMAJA
0 Komentar untuk "Cara Puasa bagi penderita maag"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top