Home » , » Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW

Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW

Written By Naufaldi Rafif Satriya on Saturday, August 4, 2012 | 9:31 PM



Assalamu’alaikum . . .

Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW, siapa yang tak ingin sehat?? Apalagi bisa sehat seperti Nabi Muhammad SAW?? Nabi akhir zaman??? Sehat adalah pilihan kita, salah satu sabda Nabi Muhmmad SAW adalah ambil masa sehat sebelum masa sakit. Ingat kawan, sehat itu mahal, banyak orang pengen sehat karena dy telah terkena berbagai macam penyakit. Ada yang penyakit timbul karena penderita selalu berbuat dzalim dan tidak memanfaatkan waktu sehatnya dan ada juga yang terkena penyakit karena menerima cobaan dari Allah SWT.

Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW, itulah judul artikel saya kali ini. Saya share artikel ini karena saking banyaknya cara sehat tapi sedikit yang mungkin sesuai dengan cara hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW.  Oke deh, langsung cek aja Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW ini

Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang dianjurkan oleh Rasulullah:

Alasan :
Telah termaktub dalam surat cintaNya QS.Thaha ayat 81:
Artinya: makanlah di antara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. dan Barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, Maka Sesungguhnya binasalah ia.

Ayat ini menegaskan kepada kita bahwa janganlah kita berlebihan dalam makan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Berbagai penyakit dapat muncul kalau kita sembarangan dan tidak mengatur pola makan kita dengan baik.
Makan adalah salah satu cara untuk mengisi energi kita. Makan itu harus sesuai kebutuhan. Tidak kurang dan tidak cukup sesuai firman Allah SWT itu.
Coba kalau Makan kenyang?? Perut jadi buncit, kena kolesterol, otak tak bisa konsen belajar, tubuh jadi terasa berat, obesitas, dan paling penting kita jadi terasa ngantuk berat.

Coba sekarang kalau makan sedikit?? Perut jadi mengecil (busung lapar), penyakit maag yang kambuh, mudah lapar, lemas, tak ada energi cadangan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasul menyatakan bahwa hendaknya manusia hendaknya menjaga keseimbangan tubuhnya,sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Karena itu, tindakan berlebihan dalam makan sungguh tidak sesuai dengan ajaran Rasul SAW.
2. Tidur yang cukup
Setelah seharian beraktifitas, tubuh kita perlu beristirahat. Tidur yang cukup untuk ukuran orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam. Tidur cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, apalagi untuk kita yang berstatus sebagai pekerja, tidur cukup dapat meningkatkan daya konsentrasi saat bekerja. Kalau tubuh kita kekurangan tidur, maka kita akan sulit untuk berkonsentrasi, tubuh kita terasa lemas, dan sulit untuk berpikir jernih.

Sebaikya jika memang terpaksa untuk tidur malam hanya sampai pukul 12an. Dan setelah pukul itu segeralah tidur atau juga bisa jam 8 tidur dan jam 1 bangun, untuk sholat tahajjud misalnya. Hal itu berfungsi untuk memberikan waktu bagi tubuh istirahat dan sel manusia untuk bereproduksi ulang.

Dan buat kita yang berstatus sebagai pencari ilmu, maka kita akan terancam gangguan mengantuk di kelas. Bagaimana kita akan dapat menyerap ilmu yang disampaikan sang guru/dosenbila kita mengantuk? sungguh sebuah kerugian besar bukan?
3. Berolahraga

Dengan berolahraga, maka peredaran kita akan menjadi lancar, pembakaran kalori menjadi energi bisa menjadi optimal. Banyak berolahraga dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit, karena itu kita tak boleh malas dalam berolahraga. Minimal satu kali satu minggu, untuk menyeimbangkan gerak otot dan memperlancar asupan oksigen ke dalam otak sehingga meningkatkan daya konsentrasi.  Olahraga ini bisa apa aja. Seperti bersepeda, jalan kaki yang sesuai dengan sabda beliau, senam dan lain lain. Pokonya yang bisa bikin kita keringat dan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya deh.. ><

4. Bangun Pagi/ Subuh
Ketika fajar menjelang, atau ketika subuh. Udara masih bersih dari polusi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru, apalagi jika saat tersebut kita gunakan untuk jalan pagi agar tubuh kita menjadi panas. Makanya sob, Allah SWT menyuruh manusia untuk Sholat Shubuh.
Bangunlah lebih pagi untuk mendapatkan asupan udara bersih bagi paru-paru kita. Dengan bangun lebih pagi, kita juga bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan secara lebih cermat dan tak terburu-buru. Agar bisa bangun lebih pagi, maka kita pun harus bisa tidur lebih awal.
5. Puasa Senin-Kamis
Selain berpahala, dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis memberikan waktu bagi lambung kita untuk beristirahat. Bayangkan, setiap hari lambung kita disuruh bekerja keras untuk mencerna makanan setiap pagi, siang dan malam. Saat berpuasa, lambung kita akan beristirahat dan memproses makanan yang belum tercerna sebelumnya, juga dapat menyaring racun yang mungkin tersimpan dalam tubuh kita karena proses pencernaan makanan yang kurang sempurna.
6. Menjaga Kebersihan
Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya dalam gaya hidup sehat adalah menjaga kebersihan. Tempat yang kotor rentan menyebabkan penyakit, maka dari itu islam sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri, tempat tinggal, dan juga pakaian. Bahkan Rasulullah sendiri juga mengatakan bahwa kebersihan itu merupakan sebagian daripada iman. Maka, dengan menjaga kebersihan juga akan berdampak positif bagi kesehatan kita.
7. Rajinlah Sholat
Looo.. kenapa dengan sholat?? Apa bisa menyehatkan kita?? Jika antum belum paham silahkan aja di lihat disini untuk kebaikan sholat. Sholat merupakan sarana “meditasi” dan komunikasi manusia dengan Tuhan. Dengan begini manusia akan memiliki hati yang tenang. Bukankah jika hati tenang maka akan terhindar dari stress??
Bukan hanya itu, sholat yang benar akan membantu kerja tubuh kita dan metabolisme tubuh menjadi lancar
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :
Jangan meremehkan sedikitpun tentang makruf meskipun hanya menjumpai kawan dengan berwajah ceria (senyum).” (HR. Muslim)
Kenapa Nabi Muhammad SAW menyuruh manusia alias umat muslim untuk tersenyum?? Menurut sebuah studi di amerika, senyum dapat membantu dalam penyembuhan luka hati kita. Dengan tersenyum akan sedikit menghilangkan perasaan sedih dan stress bagi diri kita. Anda tidak percaya?? Coba anda lakukan 8 hal ini....

Yahh.. mungkin cuman itu saja artikel mengenai Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW. Sebenarnya banyak sekali cara sehat ala Nabi Muhammad SAW. Untuk lebih jelas bisa di lihat di Hadits dan Al-Qur’an. Karena beliau pernah bersabda bahwa manusia akan selamat karena berpegang teguh dengan al-qur’an dan Hadits Nabawi.
Semoga bermanfaat artikel Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW ini

Wassalamu’alaikum..
Share this article :

2 komentar:

  1. terima kasih sekali atas artikelnya, sangat bermanfaat buat saya, semoga dengan berbagi anda juga mendapat manfaat dan balasan

    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas infonya,artikel yang sangat bagus

    ReplyDelete

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
 
Support : Ilmu Dunia dan Akhirat | I.D.D.A. | ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Copyright © 2013. I.D.D.A.╚ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger