Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram


Assalamu'aikum..

 Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram. | otak manusia penuh dengan misteri | berat otak saat berumur 2 Tahun | Otak dan beratnya saat berumur 2 Tahun | berita yang akan membuat anda semakin menambah ilmu dengan adanya  Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram. |


Organ Tubuh Otak, Mungkin masih menjadi misteri bagi kalangan ilmuan. Hal ini di buktikan sering bergantinya teori mengenail Otak. Saat saya sedang googling mengenai otak, saya temukan ni yang barus aya tahu. Ehhe dari Detik.com bahwa otak manusia Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram. Unik ya otak manusia itu? Kayaknya penting untuk di baca Bagi sobat Blog Ilmu Duniadan Akhirat ini. Monggo di baca :

Jakarta, Manusia berhasil mencapai peradaban yang maju dengan memanfaatkan kecerdasannya. Maka, fungsi otak sebagai sumber kecerdasan jelas amat penting bagi kemajuan peradaban. Uniknya, otak mengalami perkembangan yang luar biasa hanya saat 2 tahun sejak dilahirkan.

"Ada 2 proses penting dalam 2 tahun pertama kehidupan. Yaitu pertumbuhan sel otak yang terjadi segera setelah pembuahan dan pematangan fungsi otak," kata dr Dwi Putro Widodo SpA(K), spesialis saraf anak RS Pondok Indah dalam acara media gathering yang diselenggarakan Mead Johnson di The Maestro Function Hall, Plaza Indonesia, Kamis (20/11/2012).

Dr Dwi menuturkan bahwa sel otak berkomunikasi dengan sel otak yang lainya melalui sambungan yang disebut sinapsis. Saat dilahirkan, setiap sel otak bayi memiliki 2.500 sinapsis. Namun ketika usianya 2-3 tahun, sinapsisnya meningkat menjadi 15.000 sambungan per sel otak.

Sinapsis ini amat berperan penting dalam menyambungkan sel-sel otak. Semakin banyak sel otak yang terhubung, maka semakin baik pula fungsi otaknya. Dari segi bobot, otak juga mengalami peningkatan pesat saat bayi. Saat dilahirkan, berat otak bayi hanyalah sekitar 300 gram.

"Beratnya ini terus mengalami peningkatan pesat hingga usianya mencapai 2 tahun, yaitu sekitar 1200 gram. Padahal otak manusia dewasa adalah sekitar 1250 gram. Tapi kalau pada laki-laki beratnya bisa mencapai 1.400 gram. Artinya setelah 2 tahun, otak manusia hanya mengalami sedikit pertambahan sekitar 50 gram," terang dr Dwi.

Dr Dwi menerangkan, pertumbuhan otak bayi ini dipengaruhi oleh 3 hal utama, yaitu faktor genetik, nutrisi dan pengalaman. Dari ketiga faktor tersebut, faktor genetik adalah yang paling sulit diubah. Oleh karena itu, mengoptimalkan pertumbuhan otak bayi hanya bisa dilakukan lewat pemberian nutrisi yang baik dan menambah pengalaman.

Nutrisi yang baik untuk perkembangan otak bayi dapat diperoleh dari DHA (Docosahexanoic Acid). Nutrisi ini banyak terkandung dalam ASI dan ikan laut seperti salmon. Untuk memberikan pengalaman bayi sejak dini, dapat dilakukan stimulasi lewat permainan-permainan sederhana.

Namun, perlu di ketahui, menurut penelitian dan suatu sumber, Albert Eisten hanya menggunakan kurang dari 20% Otak manusia. La, albert eisten saja yang sudah pintar masih memakai kurang dari 20. Bagaimana dengan kita? Berapa persen yang kita pakai???  Jangan menganggap diri kita tu bodoh kawan..!! dan ingatlah mengklik SPONSOR di Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram.

sumber : detik.com
Tag : BERITA
8 Komentar untuk "Setelah 2 Tahun, Berat Otak Bertambah 50 Gram"

wah ternyata gtu ya gan...klo otakku mngkin tambah kecil gan, hehehe

bagus juga nih artikel nya..
terimakasih.

sangat cepat sekali yah ternyata perkembangan otak itu..
terimakasih info nya.

apa otak juga terus berkembang seiring dengan bertambah nya usia???

terimakasih atas info nya..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

sama-sama gan.. keep blogging dan kunjungi terus ya..hehe

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top