Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?


Assalamu’alaikum…

Pagi Sobat Ilmu Dunia dan Akhirat… 
KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?
Menulis adalah Hobby

Pagi ini saya akan memberikan hasil pemikiran serta hasil saya membaca buku mengenai kepenulisan. Ya.. tentu saja sesuai dengan judul KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?  Mungkin sebagian orang akan mengerti apa jawabannya. Tapi sebagian lagi akan kebingungan untuk menjawab. Padahal sebenarnya kalau di piker piker jawabannya sungguh sangat mudah sekali. Berikut ini saya berikan jawaban saya dari pemikiran dan buku kepenulisan untuk menajwab KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?


Waktu Subuh/ Pagi Hari


Jawaban yang pertama muncul untuk menjawab KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Adalah waktu masih subuh. Kenapa? Karena pada saat kayak gini, otak kita masih dalam keadaan segar bugar dan belum memikirkan apa pun. Jadi sangat mudah bagi kita untuk menggunakannya dalam hal kepenulisan. Tulisannya atau temanya sih sesuai dengan apa yang pengen kalian tulis. Bisa mengenai kegiatan kemarin. Bisa mengenai rencana kegiatan yang akan datang.

Saya saranin sih untuk menulis awal awal bagi yang pertama kali menulis dengan tema mengenai diri sendiri. Setelah itu baru menuju tema tema umum, tips dan trik, fakta dunia dan bahkan tema seperti blog saya ini, Ilmu Dunia dan Akhirat.


Waktu Malam Hari / Sebelum Tidur


Jawaban kedua untuk menjawab KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Adalah waktu Malam Hari / Sebelum Tidur. Hal itu di karenakan kita telah mengalami banyak kejadian kejadian di hari tersebut. Kejadian kejadian itulah yang akan membuat kalian memiliki banyak tema untuk di tuangkan dalam tulisan kalian. Contohnya tema kegiatan hari ini di sekolah, mereview buku yang kalian baca atau mereview tulisan orang lain. Setuju tidak??

Atau bias juga menulis kembali bacaan. Maksudnya kalian menulis dengan merangkum hasil pemikiran orang lain dengan menggunakan bahasa kalian sendiri + pemikiran dan pendapat kalian mengenai bacaan tersebut. Menulis itu bukan hanya masalah kalimatnya gimana tapi tentang pemikiran dan imajinasi.


Ketika Kegembiraan dan Kesedihan Menghampiri


Jawaban ketiga untuk menjawab pertanyaan KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Adalah ketika kegembiraan dan kesedihan Menghampiri kita. Ketika hati kita merasa senang karena mendapat hadiah dari pasangan, ketika kita gembira mendapat nilai terbaik dalam ujian matematika atau kimia. Ketika hati kita senang saat ulang tahun. Atau..

Mengenai kesedihan kita?? Sedih saat di putus, sedih karena mendapat nilai yang sangat jelek. Sedih .. sedih banget saat ulang tahun malah menjadi kejadian yang sesat. Setuju tidak mengenai kesidah yang aku tulis ini??

Inilah yang aku maksud kawan!!! Menurut kalian sendiri sebagai pembaca, setuju tidak mengenai ketiga hal itu?? Don’t be silent reader..

Kalau sedih itu pas banget membuat tulisan. Seperti aku, lebih hobi menulis saat diriku galau atau di landa kesedihan tingkat tinggi. Aku heran juga kenapa begini. Coba kalau diriku senang maka susah buat tulisan. How about you??

Tema biasanya menceritakan kenapa kalian itu seneng atau sedih. Kenapa hati kalian bias seperti itu. Kapan hal itu terjadi, siapa yang membuat kalian seperti ini.

Saat Diri Kita Sangat Sibuk


Jawaban keempat untuk menjawab pertanyaan KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Adalah saat diri kita di landa kesibukan. Saat diri kita sangat sibuk. Kalian pasti bertanya, kenapa bisa di saat sibuk menulis?? Ya luangkan waktumu. Kalau kalian mau meluangkan waktu untuk menulis, saya yakin kalian bisa. Karena di saat kita sibuk, maka kalian akan jenuh mungkin saat sibuk.

Saat kalian jenuh itulah saat tepat buat kalian menulis di tengah kesibukan. Sambil membuat otak beralih dari kesibukan kalian seperti kesibukan belajar, mengerjakan tugas maka akan membuat diri kalian menjadi orang yang punya banyak pengalaman yang akan di tuangkan ke tulisan itu.

Misal saat sibuk mengerjakan sosiologi mengenai norma. Maka kalian bisa menulis dengan tema norma social. Tentu saja dengan pendapat kalian? Setuju? Seperti norma itu… gini.. gini..

Yah.. mungkin cuman keempat itu jawaban itu yang bisa aku berikan untuk menjawab pertanyaan KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Hehehe maklumlah saya sendiri juga menulis itu masih bisa di bilang pemula. Jadi jika kalian mau, silahkan comment untuk memberikan tambahan. Inget kawan …

Jangan jadi silent reader. Gha asyik. Ga gaul… !!!

Please deh kalau kalian sudah membaca artikel KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS? Dan seperti artikelku yang lain….

Ayang Putri Syerlen



Commentlah.. tulislah seperti apa yang akan kamu comment pada tulisan saya ini KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?. Hitung hitung kalian juga belajar menulis untuk jadi komentator. Semua berawal dari yang kecil menuju yang besar. 

Good Luck ya untuk menjadi penulis yang hebat, karena semua cita cita yang tinggi akan memiliki rintangan yang tinggi pula.  

Wa'alaikumsalam...
Tag : REMAJA
15 Komentar untuk "KAPAN WAKTU UNTUK MENULIS?"

gk nyoba nulis cerpen gan? hahah ane pling demen wktu malem xixix komen back y

menurut saya waktu terbaik saat subuh gan

menulis itu bisa kapan saja yang penting kita niat aja.

semua orang punya waktu sendiri-sendiri untuk menulis..
jadi tergantung kita aja mana waktu yang paling enak untuk menulis.

jawaban nya berbeda-beda...
karena pada dasar nya menulis itu tidak memerlukan waktu yang tepat karena inspirasi menulis bisa datang kapan saja.

artikel yang bagus..
yang penting jangan menulis artikel saat sedang pelajaran sekolah.

yang jelas saat mood lagi bagus . .
gag mungkin nulis saat mood lagi kacau kan gan,dan yang lebih gag mungkin lagi tu nulis saat rumah tetangga lagi kebakaran, kwkwkw

bingung ane gan, ane kira menulis itu bisa kapan aja....hehe

Gan Saya orang yang agak susah untuk menulis, bagaimana cara agar tidak mengalami kebuntuan saat menulis ?
makasihkan sangat menarik sekali artikelnya :D

Kunjungi balik ya mas..
http://andysites.blogspot.com

kalau saya sih, pas ada waktu luang untuk nulis2 di blog, mungkin pagi atau sebelum tidur

wah yrima kasih gan tipsnya, cukup membantu

Terima kasih atas tulisannya. Semoga bermanfaat buat yang baca, termasuk saya. Aamiin

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top