Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Fakta dan Opini

Assalamu’alaikum . . .


Kali ini Ilmu Dunia dan Akhirat akan membahas mengenai Fakta dan Opini. Ya, hal ini merupakan salah satu bab yang harus kita ketahui dalam pelajaran bahasa Indonesia. Fakta dan Opini keduanya merupakan hal yang tak terpisahkan dalam suatu editorial.

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai

Materi Fisika : Hukum Archimede

dan

Materi Kimia : Asam, Basa dan Garam

 aka saya akan memberikan materi seperti yang saya katakana tadi yaitu Fakta dan Opini. Materi bahasa Indonesia ini saya dapatkan dari BSE. YA.. Buku Sekolah Elektronit dari pemerintah yang membantu kita dalam memahami pengertian Fakta dan Opini.

Berikut ini pembahasan mengenai Fakta dan Opini :

Fakta dan Opini 


Pernahkah Anda membaca editorial atau tajuk rencana? Anda dapat menemukannya di dalam surat kabar. Editorial atau tajuk rencana adalah tulisan dalam surat kabar atau majalah yang berisi permasalahan aktual. Tulisan tersebut ditulis berdasarkan sudut pandang redaksi surat kabat atau majalah tersebut.

Di dalam tajuk rencana terdapat fakta dan opini. Fakta dalam tajuk rencana adalah hal-hal faktual yang diambil dari peristiwa atau gejala tertentu di masyarakat. Adapun opini adalah argumen atau tanggapan redaksi terhadap peristiwa atau gejala yang dijadikan pokok pembicaraan dalam tajuk rencana.
Sekarang, Anda tentu telah mulai memahami perbedaan antara fakta dan opini Secara keseluruhan,
Sudahkah anda paham mengenai Fakta dan Opini?

Berikut ini adalah beberapa contoh fakta tersebut.

1. Pekan ini, Departemen Perhubungan merilis daftar peringkat terbaru perusahaan penerbangan dan standar keselamatan mereka.
2. Beberapa negara, terutama Amerika Serikat (AS), bahkan mengeluarkan peringatan kepada warganya agar tidak meng-gunakan jasa penerbangan Indonesia.
3. Setelah sekian lama, hanya satu dari 21 maskapai yang berhasil masuk ke kategori I. Maskapai yang masuk kategori I pun belum diakui IATA Organization Safety Audit (IOSA). Hal ini terjadi karena tidak juga memiliki sertifikat IOSA.

Dari ketiga contoh fakta tersebut, dapat dilihat bahwa kutipan-kutipan tersebut tidak disisipi tanggapan atau opini dari redaksi.

Ketiga hal tersebut ditulis apa adanya. Sekarang perhatikan contoh opini berikut.
1. Posisi itu lagi-lagi membuat reputasi penerbangan nasional berada dalam bahaya. Karena itu, harus ada upaya yang lebih dari sekadarnya untuk memulihkan citra buruk yang telanjur telah terbentuk.
2. Ke depan, kriteria terhadap pemberian izin baru perlu di-perketat. Maskapai baru yang ingin masuk pasar pener-bangan nasional, misalnya, haruslah maskapai yang mampu memenuhi kategori I. Jika tidak, izin operasi tidak boleh diterbitkan.
3. Karena kalau itu yang terjadi, dan standar keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan sejatinya tengah me-matikan pengguna jasa dalam arti harfiah. Itu jelas sebuah kejahatan kemanusiaan.

Jika kalian masih belum paham mengenai Fakta dan Opini bisa di tanyakan ke guru dan beberapa orang sahabat terdekat anda. Tapi jika anda sekalian belum memahami mengenai Fakta dan Opini, maka silahkan anda mengerjakan beberapa latihan mengenai Fakta dan Opini yang mungkin akan meningkatkan pemahaman mengenai materi SMA ini.

Oke deh, Salam untuk pembaca setia blog Ilmu Dunia dan Akhirat ini.
Wassalamu’alaikum , ,



Tag : Education
1 Komentar untuk "Fakta dan Opini"

Kalau fakta benar adanya dan terjadi secara nyata kalau opini hal yang belum pasti kebenaran dan peristiwanya.

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top