Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat

Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat
Ilmu Dunia dan Akhirat – Kata kunci mengenai Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat akan menjadi kata kunci terbanyak yang akan di cari oleh para pelajar untuk bisa melakukan SKS atau Sistem Kebut Seminggu. Bukan semalam. Toh kalau belajar hanya semalam saja, itu tak tak akan membuat kita menjadi ingat, tapi hanya akan membuat kita frustasi.

Kesempatan kali ini, Ilmu Dunia dan Akhirat akan membagikan tips dan trik atau cara ampuh dan handal supaya Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat , informasi ini saya dapat dari kaskus. Kaskus lagi? Iya, mengingat informasi yang ada di sana sangat banyak dan berharga. Jadi layak untuk di sharing serta di tulis ulang agar lebih memahami maksud dan tujuan kaskuser tersebut. Langsung saja kalau begitu, CaraMembaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat :


1. Sebelum baca Buku, buka sekilas sekilas Buku anda, amati data data berupa graphic, quotes, atau hal hal yang menarik, ingat, HANYA hal hal yang menarik anda, anda melakukan review, bukan baca secara keseluruhan. Bisa di bilang kita sedang melakukan scaning kepada sesuatu yang menarik perhatian kita. Mungkin butuhkan waktu 2 sampai 3 menit. 


2. Setelah mereview, anda akan sedikit mengerti Buku yang akan anda lahap, segera ketika tiap mau baca Buku tersebut, niat kan dan katakan pada diri anda, kata kata self consiusness, seperti "setelah baca Buku ini, saya akan mengerti ........ (isi dengan keinginan anda atau tujuan anda belajar, berdasar aktivitas review anda tadi). Kalau di contoh kan misalkan saja kita akan belajar biologi , Babnya Hereditas. Maka sebelum membaca Buku tersebut niatkan dalam hati “Setelah membaca Buku ini saya akan lebih mengerti bab hereditas biologi agar lebih paham dan mendapat nilai bagus”. Seperti itulah.


3. Segera baca Buku anda, pastikan anda dalam kondisi se-rileks mungkin, ciri anda rileks, kepala anda tidak sakit ketika 5-10 menit anda membaca Buku. Kalau bisa, usahakan kondisi sekitar kita tak mengganggu anda ketika membaca Buku. Matikan hp atau sesuatu yang bisa menimbulkan music. Kosongkan pikiran agar tidak tegang.


4. Boleh ketika anda menggunakan stabillo atau menuliskan istilah atau kata kata penting menarik perhatian anda, prosedur standar pada speed reading (teknik membaca cepat), biasanya menuliskan atau menggaris bawah kata kata kunci. Ingat kata kunci! bukan kalimat kunci! Mungkin sangat di sayangkan untuk kalimat kuncinya yang stabile, tapi di sarankan hanya kata kuncinya. Bedakan ya!


5. Ketika anda selesai baca bagian yang anda inginkan, misalkan satu bab tertentu, tutup Buku tersebut, dan pelan pelan ingat ingat kata kata kunci yang anda tulis atau garis bawahi. Bisa di ucapkan dengan mulut, atau di bathin saja. Tapi memang lebih baik untuk di ucapkan , dengan begitu telinga kita juga akan mendapat informasi tersebut. Ingat prinsip belajar “belajar akan lebih berhasil jika semua indra tubuh difungsikan”


6. Berdasarkan kata kunci tersebut, dalam otak anda sebenarnya mulai merangkai ide ide yang terbangun berdasarkan wacana yang anda dapatkan dari membaca Buku tersebut.


7. Ulangi terus langkah ni, karena memerlukan latihan, kecuali ketika anda baca novel atau cerita fiksi anda tak perlu memakai kata kata ini. Langkah lakngkah ini mungkin akan beda dengan yang selama ini anda lakukan. Tapi nanti, coba bandingkan hasil antara memakai cara yang saya sampaikan dalam Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat atau lebih memakai cara lama anda sekalian.



Dalam memakai Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat ini, jangan lupa sebelumnya berdoa. Dengan berdoa, di harapkan Tuhan juga akan membantu anda dalam memahami Buku yang akan and abaca. Dengan begini anda akan lebih paham Buku tersebut. Beberapa hari ini, saya akan meng-upload hal hal atau materi yang berkaitan dengan hal ini. Jadi di simak terus ya Blog Ilmu Dunia dan Akhirat ini ya!

Sumber : Kaskus


Lihat pula artikel menarik lainnya yang mungkin anda minati seperti :





Tag : REMAJA
0 Komentar untuk "Cara Membaca Buku agar Cepat Paham dan Ingat"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top