Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Kumpulan Hadits Mengenai Masjid

Assalamu’alaikum .. .


Kumpulan Hadits Mengenai Masjid

Menyikapi artikel mengenai Sunah Sunah Menuju Masjid Serta Haditsnya maka saya akan memberikan Kumpulan Hadits Mengenai Masjid, hadists mengenai masjid ini saya dapat dari OPI software yang berisi kumpulan hadits.

Kalian pasti bertanya bagaimana ke shahih’an Kumpulan Hadits Mengenai Masjid ini bukan? Insya Allah tidak dha’if. Karena kalau pun ada pihak OPI taka akn membiarkan hal itu terjadi. Semoga hadits mengenai masjid ini bisa bermanfaat bagi kalian semua ayng akan menambah niat untuk pergi ke masjid. Tempat yang di senangi Allah SWT

Kumpulan Hadits Mengenai Masjid


1. Semua lahan adalah mesjid, kecuali kuburan dan tempat pemandian. (HR. Ahmad)
 
2. Rasulullah Saw menyuruh kita membangun masjid-masjid di daerah-daerah dan agar masjid-masjid itu dipelihara kebersihan dan keharumannya. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
 
3. Aku tidak menyuruh kamu membangun masjid untuk kemewahan (keindahan) sebagaimana yang dilakukan kaum Yahudi dan Nasrani. (HR. Ibnu Hibban dan Abu Dawud)

4. Janganlah menjadikan kuburanku sebagai tempat pemujaan berhala. Allah melaknat suatu kaum yang menjadikan kuburan-kuburan para nabi sebagai masjid-masjid. (HR. Bukhari dan Abu Ya'la)
 
5. Mimbarku (terletak) di tepi jalur menuju surga. Antara mimbarku dan kamarku adalah taman dari taman-taman surga. (HR. Ahmad)
 
6. Tidak dibenarkan ziarah (kunjungan) ke masjid-masjid kecuali pada ketiga masjid, yaitu masjidil Haram (Mekah), masjidil Aqsha (Baitul Maqdis), dan masjidku ini (Madinah). (HR. Bukhari dan Muslim)
 
7. Shalat di masjidku ini lebih afdol (utama) dari seribu shalat di masjid-masjid lainnya, kecuali masjidil Haram, dan shalat di masjidil Haram lebih afdol (utama) dari seratus shalat di masjidku ini. (HR. Ahmad)
 
8. Apabila seorang mengantuk saat shalat Jum'at di masjid maka hendaklah pindah tempat duduknya ke tempat duduk lainnya. (HR. Al Hakim dan Al-Baihaqi)
 
9. Bila seorang masuk ke masjid hendaklah shalat (sunnat) dua rakaat sebelum duduk. (HR. Ahmad)

10. Apabila seorang isteri minta ijin suaminya untuk pergi ke masjid maka janganlah sang suami melarangnya. (HR. Bukhari)
 
11. Sebaik-baik masjid (tempat bersujud) untuk wanita ialah dalam rumahnya sendiri. (HR. Al-Baihaqi dan Asysyihaab)
  
12. Tidak ada shalat bagi tetangga masjid, selain dalam masjid. (HR. Adarqathani)
 
13. Apabila kamu melihat orang yang terbiasa masuk masjid maka saksikanlah bahwa dia beriman karena sesungguhnya Allah telah berfirman dalam surat At taubah ayat 18: "Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah lah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka mereka lah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

14. Beritakanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki di malam gelap-gulita menuju masjid bahwa bagi mereka cahaya yang terang-benderang di hari kiamat. (HR. Al Hakim dan Tirmidzi)

15. Barangsiapa membangun untuk Allah sebuah masjid (mushola) walaupun sebesar kandang unggas (rumah gubuk) maka Allah akan membangun baginya rumah di surga. (HR. Asysyihaab dan Al Bazzar)
 
16. Nabi Saw bertanya kepada malaikat Jibril As, "Wahai Jibril, tempat manakah yang paling disenangi Allah?" Jibril As menjawab, "Masjid-masjid dan yang paling disenangi ialah orang yang pertama masuk dan yang terakhir ke luar meninggalkannya." Nabi Saw bertanya lagi," Tempat manakah yang paling tidak disukai oleh Allah Ta'ala?" Jibril menjawab, "Pasar-pasar dan orang-orang yang paling dahulu memasukinya dan paling akhir meninggalkannya." (HR. Muslim)

Sstt.. ada Posting juga mengenai


Seperti itulah Kumpulan Hadits Mengenai Masjid yang bisa saya berikan. Semoga dengan bgini bisa menambah iat kita untuk sholat di masjid. Bukankah seperti hadits terakhir Allah SWT mengenangi masjid? Bukan pasar? Apalagi diskotik. Sorrylah yaw…

Wassalamu’alaikum . . .
Tag : RELIGIOUS
10 Komentar untuk "Kumpulan Hadits Mengenai Masjid"

ijin jalan-jalan di blognya gan ...
artikelnya mantap ..

wah...artikel yang sangat bermanfaat gan :)

sangat bermanfaat gan,,,
menggugah nurani kita untuk lebih memahami akan keutamaan mesjid,..
:)

@Thedragao : sip gan.. makasih mw berkunjung
@tongkrongan : makasih :D
@@Global : Aamiin..
@san sinichi : hehehe smoga kta semua lbih giat ke masjid

Hmm Thx Sob ,, nnti ane terapin
Semoga Diberi berkah yang post artikel ini oleh SWT :)

Kunjungan dari blog sederhana :D
Jangan lupa di coment balik

masya allah sepp sob!

ziarah balik ya?
http://lutfiezard.blogspot.com/

Bagus gan artikelnya,,,
Jgn lupa mampir yaaaa,,,,

keren gan ,, salam kenal ye ,,

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top