Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan

Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan PerkembanganIlmu Dunia dan Akhirat- Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan  Pernahkah Anda berpikir bagaimana biji cabai merah dapat menjadi
tanaman yang rimbun dan banyak buahnya? Selain itu, bagaimana biji
semangka sekecil itu akhirnya dapat menghasilkan buah semangka sebesar
kepala Anda?

Semua itu merupakan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan
yang terjadi pada tanaman tersebut. Tumbuh dan berkembang merupakan
sifat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap makhluk
hidup. Akan tetapi, apakah Anda menyadari arti pertumbuhan dan
perkembangan tersebut? Adakah perbedaannya? Pada bab pertama ini

Anda akan mempelajari pertumbuhan dan perkembangan pada
pertumbuhan beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Setelah
mempelajari bab ini Anda diharapkan dapat melakukan percobaan
mengenai pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Berikut ini akan saya tampilkan mengenai Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan dan semoga bisa bermanfaat untuk para pelajar yang ingin menambah ilmunya

1.      Langkah-langkah  dalam  melaksanakan  percobaan,  yaitu mengumpulkan data, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, prediksi, dan merencanakan eksperimen.
2.      Faktor-faktor yang memengaruh pertumbuhan dinamakan variabel bebas, sedangkan pertumbuhan tumbuhannya dinamakan variabel terikat.
3.      Cara mengomunikasikan hasil percobaan dapat secara lisan melalui diskusi ataupun secara tertulis berupa laporan.
4.      Tumbuh adalah perubahan volume yang ireversibel disertai dengan pertambahan substansi maupun jumlah sel. Pertumbuhan dapat diukur dengan menggunakan auksanometer.
5.      Pada ujung akar dan ujung batang terdapat titik tumbuh yang tersusun atas jaringan meristem dan sel-selnya aktif membelah.
6.      Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan, yaitu hereditas, nutrisi, hormon, cahaya, suhu, dan kelembapan.
7.      Dewasa ini dikenal beberapa fitohormon, yaitu auksin, giberelin, sitokinin, dan etilen.
8.      Pada tumbuhan maupun hewan terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tumbuhan berupa pertumbuhan primer yang terjadi selama fase embrio sampai perkecambahan dan pertumbuhan sekunder.
9.      Tahap awal pertumbuhan pada tanaman monokotil berbeda dengan pada dikotil. Pada monokotil akan tumbuh koleoptil sebagai pelindung ujung bakal batang. Pada dikotil tidak muncul koleoptil. Akan tetapi, dari dalam tanah kotiledonnya akan muncul ke atas permukaan tanah bersamaan dengan daun pertama.
10.  Membesarnya batang tumbuhan dikotil merupakan proses pertumbuhan sekunder. Bagian yang paling berperan dalam pertumbuhan sekunder adalah kambium dan kambium gabus (felogen). Ke arah dalam kambium akan membentuk pembuluh kayu (xilem), sedangkan ke arah luar akan membentuk pembuluh tapis (floem).
11.  Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal (luar) dan faktor internal (dalam). Faktor eksternal, misalnya nutrisi, cahaya, dan suhu. Adapun faktor internal contohnya hormon.
12.  Hormon pada tumbuhan berupa auksin untuk mempercepat pertumbuhan pucuk, giberelin untuk mengatur pemanjangan batang serta pertumbuhan pucuk dan buah, sitokinin untuk memperpanjang usia jaringan, asam absisat untuk menghambat pertumbuhan, dan gas etilen untuk pematangan buah.
13.  Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran volume, massa, tinggi, atau ukuran lainnya yang dapat dinyatakan dalam bilangan atau secara kuantitatif. Adapun perkembangan adalah perubahan kualitatif yang terjadi pada makhluk hidup.
14.  Pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. 
15.  Pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah pertumbuhan yang terjadi mulai dari fase embrio hinga dewasa. Pertumbuhan primer menghasilkan pemanjangan akar dan batang.
16.  Pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan yang memiliki kambium. Pertumbuhan sekunder menyebabkan batang dan akar bertambah lebar.
17.  Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh dua faktor. Kedua faktor tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal.
18.  Faktor internal di antaranya berpengaruh sebagai pemicu pertumbuhan dan penghambat pertumbuhan. Pemicu pertumbuhan dapat berupa auksin, giberelin, dan sitokinin. Adapun penghambat pertumbuhan, yakni asam absisat dan etilen.
19.  Faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan, yakni nutrisi, cahaya, temperatur, air, pH, dan  oksigen.

Untuk lebih memahami Bab Pertumbuhan danPerkembangan bisa melihat Peta Konsep Sebagai berikut :


Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan




Semoga bisa bermanfaat Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan ini. Sedikit soal Saja supaya menambah kepahaman kalian.

Soal Uraian

1. Mengapa perkembangan bersifat reversible? Jelaskan.

2. Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan dan beri contohnya.

3. Jelaskan apa yang dimaksud pertumbuhan.

4. Jelaskan hubungan antara cahaya dan auksin dalam memengaruhi pertumbuhan.



Sumber : BSE
Tag : SCIENCE
0 Komentar untuk "Rangkuman Biologi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan"

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top