Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah

8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah


Ilmu Dunia dan Akhirat – Masa masa kuliah adalah fase pertama dari seseorang untuk mulai melepaskan diri dari yang namanya sikap manja, sombong dan sikap buruk yang lainnya. Fase di mana seseorang menuju kedewasaan. Memulai hidup sedikit demi sedikit tanpa adanya campur tangan orang tua.

Masa Kuliah banyak yang mengatakan sebagai masa keemasan saat kita menuntut ilmu. Di mana pada masa ini, segala Skill kita yang telah di miliki di uji. Beberapa orang mengatakan bahwa kuliah itu bukan sekedar menuntut ilmu. Bahkan menyarankan untuk mengikuti setiap organisasi di universitas serta LSM.

Seperti yang saya kutip dari kaskus.co.id mengenai 8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah , merupakan sebuah keahliah yang sebaiknya di miliki untuk bisa kuliah dengan lancer. Maksud dari lancar di sini adalah tidak ada halangan dalam perkuliahan, kehidupan kos, serta pergaulan yang bisa mempengaruhi belajar di tempat kuliah.


1 Manajemen Keuangan


Inilah masa di mana seseorang di uji dala manajemen keuangannya. Apalagi di perkuliahan, akan banyak godaan untuk membeli ini dan itu yang bisa berdampak pada uang saku yang orang tua kita berikan kepada kita. Mengingat setiap bulan, orang tua pasti akan selalu memberikan jatah uang saku yang bisa di bilang “mencukupi” untuk kebutuhan sehari hari. Jadi, kalau ingin memberi kebutuhan sekunder, beberapa mahasiswa memilih untuk bekerja.


2 Tanggung jawab pribadi


Hidup sendiri di tempat Kos, di mana semua kegiatan kita hamper tidak di ketahui orang tua. Atau malah tidak di ketahui sama sekali. Inilah saat di mana tanggung jawab kita sebagai anak di uji. Tanggung jawab sebagai seorang anak, seorang mahasiswa dan seorang yang memiliki agama. Apalagi jika kita menjadi ketua organisasi, ketua panitia yang akan di pertanggung jawabkan hasil kerjanya.



3 Tepat waktu


Ini mungkin sedikit bertentangan dengan prinsip orang Indonesia yang kadang jam karet. Tapi, saat kuliah , kita di tuntut tepat waktu. Tepat dalam pengumpulan tugas tugas perkuliahan yang “katanya” berjibun. Buka hanya pengumpulan tugas, tapi ketika kuliah juga harus masuk tepat waktu, jika tidak? Akan ketinggalan pelajaran dosen atau yang lebih parah, kena marah dosen yang akan berdampak pada nilai mata kuliah tersebut. Berbeda bukan dengan masa SMA?


4 Sosialisasi



Saat kuliah pun kita akan di hadapkan pada situasi dimana semua orang yang kita kenal belum pernah bertemu. Alias, tak kenal. Inilah peran sosialisasi sangat penting. Dimana keahlian kita berbicara, keahlian bernegosisasi di uji. Jika  kita tak pandai bersosialisasi, bisa di pastikan kita hanya akan memiliki sedikit kawan dan memiliki banyak lawan. Bahkan yang lebih buruk lagi, kita akan di kucilkan karena kita tak pandai dalam sosialisasi. Apa ini baik? Jelas tidak! Untuk alasannya kita pasti sudah tahu sendiri.


5 Tahu batasan

Ketika anak sudah lepas dari pengawasan orang tua, bisa di pastikan anak akan merasa freedom. Bebas merdeka jaya sentosa. Tapi inilah yang menjadi masalahnya. Karena terbuai oleh kebebasan, kita bisa lupa akan kewajiban kita. Alhasil , hidup kita berantakan. Tak tertata dan keluar dari norma yang berlaku. Misalnya, ketika kita tahu bahwa membawa seseorang yang bukan muhrim dalam sebuah koskos’an itu tidak baik, tetapi kita tak menghiraukannya. Itulah kesalahan fatal, bagaimana tiba tiba masyarakat dating? Menggerebek tempat itu? Pastinya malulah kita. Mencoreng nama baik keluarga, dan perkuliahan.




6 Disiplin



Siapa yang menyukai jika memiliki kenalan orang yang disiplin? Siapa pun pasti akan menyukainya. Bahkan , apabila kita memiliki sikap disiplin, hal itu akan berdampak positif bagi kita dan orang lain. Bagi kita sendiri, segala urusan akan selesai pada waktunya, hidup menjadi teratur. Bagi orang lain, mereka akan merasa memiliki seseorang yang bisa di jadikan contoh. Yang mana, keuntungan orang lain juga akan menjadi keuntungan kita sendiri.


7 Menghargai



no 7 pada 8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah adalah menghargai. Sebagai salah satu sifat yang susah untuk di miliki. Apalagi kita akan bertemu banyak orang hebat dan pintar. Membuat kita sedikit iri bukan pada mereka? Inilah saatnya kita menghargai orang lain karena dengan menghargai , akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kita.seperti memiliki sahabat yang juga menghargai kita. Bukankah kita juga harus di hargai? Bukan dengan uang, melainkan dengan sikap orang lain pada kita. Jika ingin dihargai, bukankah harus menghargai?


8 Mengambil keputusan


terkahir dalam 8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah , yang bagi saya merupakan keputusa tersulit adalam mengambil keputusan. Tak ada orang tua yang ada untuk kita berdiskus. Kita harus mengambil keputusan sendiri untuk bsia menentukan, mau di bawa kemana “hidup saya”? apa yang harus saya lakukan untuk hari esok? Serta banyak pertanyaan yang harus membuat kita berani mengambil keputusan. Di mana keputusan ini, yang merasakan baik buruknya adalah kita sendiri.


Itulah 8 Keahlian yang harus dimiliki SebelumKuliah . saya hanya mengingat untuk selalu waspada. Karena dengan lingkungan yang baru , kita harus bisa menyesuaikan diri kepada lingkungan tersebut tapi dengan tidak melanggar norma agama yang ada. Apalagi kita akan di hadapkan pada orang orang yang baru, tempat yang baru.


Seorang kakak dari teman saya mengatakan “godaan pada masa kuliah itu lebih besar dari pada masa SMA”. Godaan itu mungkin bisa godaan untuk berpacaran, godaan untuk melihat hal hal yang maksiat. Itulah yang saya maksud. Terima kasih telah mampir di Ilmu Dunia dan Akhirat dan membaca artikel 8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah sampai selesai.

Tag : REMAJA
9 Komentar untuk "8 Keahlian yang harus dimiliki Sebelum Kuliah"

Kuliah itu tidak boleh untuk main-main jadi sebelum kuliah harus memilih semua hal yang ada di atas.

Artikel yang bagus...
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

salam kenal gan
artikel yang sangat menarik dan bermanfaat gan
lanjutkan terus gan

terima kasih

Bener banget tuh..
bagi yang mau kuliah wajih memiliki keahlian tersebut.

Pas banget artikel nya..
bagi mahasiswa baru wajib mengetahui dan memiliki semua hal tersebut.

Yang paling penting itu manajemen keuangan nya gan...
apa lagi kalo ngekos...

Semoga saja temen-temen yang mau pada kuliah bisa mengetahui hal-hal tersebut.

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top