Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Untuk Para Pemimpin

Assalamu'alaikum . . .
Untuk Para Pemimpin

Tulisan yang ditujukan untuk Para Pemimpin.
Untuk mereka yang memimpin karyawannya
Untuk mereka yang memimpin keluarganya
Untuk mereka yang memimpin rakyatnya
serta Untuk mereka yang memimpin anggota badannya.






Ibn umar r.a berkata : saya telah mendengar rasulullah saw bersabda : setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban  perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggungjawab dan tugasnya. Bahkan seorang pembantu/pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggungan jawab) darihal hal yang dipimpinnya. (buchary, muslim)




Pemimpin, kalian adalah manusia manusia yang hebat dan perkasa. Berani mengambil resiko dengan menjadi orang yang memimpin. Berani mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko yang ada serta tahan terhadap semua kritikan pedas dan ancaman yang mungkin saja selalu datang silih berganti.

Pemimpin adalah manusia. Ada kalanya pemimpin itu salah. Bukankah manusia itu tempat salah dan dosa? Jika benar, kelak. Ketika para pemimpin salah, maka izinkahlah kami yang engkau pimpin untuk membenarkanmu dan berharap tak mendapat murkamu.

Pemimpin, ketika kamu sudah mendapatkan tahta, gelar kepemimpinan serta hal indah lainnya. Janganlah engkau lupa akan kami yang wajib engkau tuntun. Kepala Negara yang berusaha menuntun rakyatnya menuju kesejahteraan. Kepala keluarga yang berusaha memelihara keluarganya dari Panasnya Api neraka. Seorang Istri yang berusaha memelihara rumah tangga.

Pemimpin, Sebuah kata yang sebagian orang anggap sebuah amanah yang besar. Sebuah kata yang orang anggap sebuahJabatan yang besar.(dalam konteks ini adalah Presiden, Kepala Perusahaan, Kepala sekolah dst)

Supaya kita yang akan menjadi pemimpin, untuk tidak lupa menggunakan dengan Al-Qur'an dan Hadits, Tidak Lupa akan Allah SWT sebagai Tuhan kita, pencipta kita serta Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi kita. Ingatlah, bahwa kita sebagai pemimpin haruslah sadar posisi kita. Janganlah sampai, kita Pemimpin yang Dzalim. Tidak mentaati perintah-Nya, diktator terhadap bawahan, serta tak mau di kritisi.

Padahal, kita sebagai pemimpin adalah manusia. Manusia sebagai tempatnya kesalahan serta dosa.
Padahal, kita sebagai seseorang yang memiliki kemampuan lebih serta kemampuan yang kurang dalam beberapa hal. Bukan manusia sempurna yang ahli dalam berbagai hal.
Padahal, kita sebagai pemimpin yang akan bertanggung jawab atas apa yang kita pimpin.

Ingatlah akan Sabda Nabi Muhammad SAW ini :


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ مُعَاذاً إِلَى الْيَمَنِ وَقَالَ لَهُ : "اِتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ ، فَإِنَّهَا لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ".



Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW telah mengutus Mu’adz ke Yaman dan Beliau berkata kepadanya : "Takutlah kamu akan doa seorang yang terzalimi, karena doa tersebut tidak adah hijab (penghalang) diantara dia dengan Allah". (H.R. Bukhari dan Muslim)

 dan semoga, kata kata saya yang singkat dan mungkin sedikit tidak nyambung ini, bisa membuka hati kita sebagai seorang pemimpin. Kita adalah pemimpin. dan setiap yang memimpin akan dipertanggung jawabkan.

Wassalamu'alaikum ..  

NB : Baca juga mengenai Penulisan yang benar antara Allah, Alloh, Awloh? dan Fakta Lebih Mudah Strees dari pada Bahagia
4 Komentar untuk "Untuk Para Pemimpin"

sangat bermanfaat banget mas,.. minimal jadi pelajaran untuk memimpin diri sendiri,.. :)

beermanfaat mass mampir juga yak
http://alvictorey19.blogspot.com/

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top