Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Dakwah itu Membina dan Mengajak 2



Assalamu’alaikum . . .

Dakwah itu Membina dan Mengajak

"Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw."  (HR. Muslim) 



Dakwahitu Membina dan Mengajak, Ilmu Dunia dan Akhirat – ya, bisa di lihat saat ini di banyak forum forum , Islam di gugat. Islam di pertanyakan. Banyak yang berdalih dan mengaku umat Islam “membela” Islam dengan menghina balik. Bukan malah menjelaskan malah mencaci orang lain. Bukankah Nabi Muhammad SAW tak pernah mengajarkan hal ini?


Lagipula bila sesama muslim masih hidup, tak boleh divonis dia akan masuk neraka! Mengapa? Karena Allah SWT yang membolak balik hati manusia, Allah yang mengetahui kesucian hati manusia, dan Allah pula yang memberikan hidayah pada seseorang dan kita tidak tahu akhir perjalan hidup orang lain.
Bisa saja terjadi, dan ini banyak terjadi, orang yang tadinya penjahat, lalu bertobat dan ketika meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.  Bisa saja orang yang tadinya baik bisa menjadi penjahat, dan sebaliknya seorang yang tadi penjahat kemudian tobat lalu “menjahit” imannya yang koyak-koyak hingga utuh kembali. Dan bisa saja terjadi orang yang tadinya sholeh bisa salah, dan orangnya yang tadinya salah menjadi sholeh, lalu mati dalam keadaan khusnul khotimah, mati dalam keadaan baik.

KH Saifudin Amsir, Rs Suriah PBNU ketika ditanya tentang orang yang berdakwa melalui mimbar Jum’at mengatakan” Khutbah Jum’at bukan kendaraan untuk meluapkan emosi. Gunakan khutbah Jum’at sebagai sarana pendidikan Islam, perbanyak nasehat, menguatkan keimanan dan mengajak ketaqwaan. Jangan mengatakan yang tak pantas dalam khutbah Jum’at, seorang khotib tak boleh membawa urusan politiknya, kepentingan pribadinya dan kelompoknya di atas mimbar Jum’at. Kalau ada orang yang mudah menyalahkan kelompok lain di mimbar khutbah, dia telah gegabah membaca agama. Ini Bahaya! Bila khutbahnya berisi serangan pada mazhab lain, itu perilaku absurd, baik dari sisi syariat ataupun metode Dakwah

Jadi mengajak orang kepada Islam lagi-lagi harus dengan kelembutan, kalimat disampaikan adalah ajakan, bukan ejekan, amanah bukan amarah, rendah hati bukan emosi, berbagi bukan mengusili, menyejukan bukan membuat hati panas dan seterusnya. Itulah Dakwah yang hakiki, Dakwah yang membuat orang menjadi sejuk di dalam masjid, mushollah atau di dalam pengajian, sehingga ketika mereka pulang kerumah, mereka makin dekat kepada Allah SWT, bukan malah lari dari Allah, karena salah metode yang menyampaikan.

Islam adalah agama rakhmatan lil alamin, rakhmat bagi seluruh alam. Kalimat ini akan menjadi boomerang manakala cara menDakwahkannya penuh dengan amarah, caci maki, penuh hinaan pada pihak lain dan dengan punuh dengan kata-kata mengkafirkan pada sesama muslim yang tidak sepaham. Bila cara ini terus berlanjut, pantas saja Islam tidak maju-maju, karena ummatnya  tak mau bersatu dan membatu!


Dakwahitu Membina dan Mengajak, jangan di salah artikan. Di sini kita semua harus paham apa itu Islam, Al Qur’an dan As Sunah. Adapun perbedaan antara umat Islam dengan yang lain di sebabkan perbedaan penafsiran. Hati hatilah dalam menafsirkan Al-Qur’an. Waspada Juga kepada Najis di Pasta Gigi dan Sabun serta ada 10 fakta Lagu jepang terbaik

Barangsiapa menguraikan Al Qur'an dengan akal pikirannya sendiri dan benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan.” (HR. Ahmad)

Sekian dulu Dakwah itu Membina dan Mengajak  semoga bisa kita ambil pelajarannya.

Wassalamu’alaikum . .


Bagian Pertama ---->  http://ilmu-duniadanakhirat.blogspot.com/2013/04/dakwah-itu-membina-dan-mengajak.html
Tag : RELIGIOUS
1 Komentar untuk "Dakwah itu Membina dan Mengajak 2"

alqur-an dan assunnah merupakan pedoman umat islam olehkarena itu amalkan dengan baik dan benar.

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top