Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika

Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika

Ilmu Dunia dan Akhirat – Siapa yang tak mengenal mata pelajar Fisika dan Matematika? Sebagai dua mata pelajaran yang bisa di bilang saling berkaitan dan pelajar yang di anggap banyak orang sebagai pelajaran yang membosankan. Pelajaran yang isinya hanya berhitung saja. Bahkan ada yang bilang “walaupun Matematika dan Fisika di tulis dalam bahasa Indonesia, aku tetap tak mengerti”.

Lantas, apakah perkataan tadi merupakan sesuatu yang di katakana benar? Saya rasa tidak. Dan dengan tegas saya nyatakan bahwa Matematika dan Fisika merupakan mata pelajaran yang gampang. gampang kalau kita sudah mengetahui Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika dengan baik dan benar.

Memang aku bukanlah seorang guru, tapi aku menemukan sebuah Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika dengan benar. Tips ini sendiri saya mendapatkannya dari kaskus. Ya, sejak beberapa hari terakhir ini, semua atau malah hamper tulisanku bersumber dari kaskus. Asyik bukan?

Untuk mempersingkat waktu, saya sajikan beberapa hal yang patut di simak dan di pikirkan baik baik agar Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematikabisa berhasil.

 
Pertama : Pastikan kalian memahami apa yang di pelajari



Terkadang kita membuat kesalahan yang sangat fatal hanya dengan menghafal rumus rumus matematik dan Fisika untuk bisa memahami kedua mata pelajaran tersebut. Namun, pada kenyataannya Matematika dan Fisika tidak bisa MENGAMPUNI orang orang yang hanya memakai cara tersebut untuk bisa mengerti Fisika dan Matematika. Forget it. Lebih mudah untuk memahami cara mengerjakan soal step by step, tetapi kalau hanya ingat tetapi tidak BETUL-BETUL mengerti MENGAPA step-step tersebut harus dilakukan, kita tidak akan bisa mengerjakan permasalahan yang lebih rumit lagi. Setidaknya, mengerti dan tahu jawaban atas pertanyaan “Mengapa pakai rumus ini? Kenapa tidak itu?” istilah lainnya mengunakan logika praktis dalam mengerjakan soal Fisika dan Matematika

Kita contohkan saja seperti ini: kalau kamu  menghitung 1351/3, cobalah untuk tidak menghitung berapa kali kah 3 masuk kedalam 1351. Tetapi, cobalah berusaha hanya berpikir (= menghitung singkat) angka apa yg bisa masuk ke 1351 sebanyak 3 kali. See, it is much more simple isnt it?


Kedua : Cobalah terus sampai benar benar paham 


Kita harus menyadari bahwa kita sedang berusaha memahami sesuatu. Belajar topic baru di bidang Matematika maupun Fisika berarti SPEND MORE TIME WITH THEM. Perlakukan mereka sebagai teman baru dimana kalianberusaha untuk mengenal mereka lebih dekat. Kalau perlu, mengenalnya lebih dekat dari pada orang yang kamu cintai.

Banyak orang cepat menyerah di usaha pertama. That is stupid, really. 
Sangat buruk. Orang seperti itu mungkin memiliki nilai yang buruk. Mungkin kalau di ibaratkan seperti salah seorang tokoh terkenal. Tau penemu lampu? berapa kali Thomas Alfa Eddison melakukan percobaan sampai akhirnya bohlam bisa menyala? 1000 kali. Dan dia hanya bilang, at least I know that there are 999 methods to make the bulb not to works.

Sebagai ukuran mengerti,
kalian harus bisa menyelesaikan soal-soal Matematika dan Fisika di buku yang kalian pelajari (paling tidak benar-benar memahami permasalahannya) di nomor-nomor besar. Biasanya buku matematik atau Fisika didesain agar nomor-nomor awal soal-soal dibuat mudah lalu tingkat kesulitannya bertambah. Mungkin, itulah kenapa saat mengerjakan tugas, kerjakan dari awal sampai akhir. Bisa tak bisa, kerjakan. Jangan menyerah. Dare your self to try it.


Ketiga : Jangan terlalu merasa bisa


Satu lagi kesalahan yangg seringkali orang-orang tidak sadar lakukan adalah terlalu cepat PD. When they believe they understand the material, they stop practicing it altogether.
Sayangnya, matematik dan Fisika bukanlah seperti naik sepeda. Kalau sudah bisa ya sudah. Bukan seperti itu! Walaupun kalian merasa sudah bisa, cobalah mengerjakan soal-soal lagi.lagi dan lagi, kalau perlu hingga kalian bosan. Do them until you could solve them in your sleep. Ini memang butuh kerja keras, tetapi sangat membantu ketika menjelang tes karena tidak ada lagi yang tidak kalian persiapkan. Semuanya sudah pernah kalian pecahkan. 

What separates people who are GOOD at math from people who are GREAT at math is CONTINUED PRACTICED, even when they think they know something.

Ketiga : Jangan di pikirkan , tapi di tuliskan



Jangan kira kalian bisa mengerti hanya dengan membaca. Ambil kertas dan pulpen, lalu tuliskan lagi persamaan yg ada di buku, gambarkan penjelasan yg ada dibuku melalui diagram atau apapun. Intinya make a scratch. Einstein mengatakan bahwa untuk menyelesaikan persoalan-persoalan Fisika yang dia tidak tahu, dia memulai nya dengan menuliskan apapun yang dia tahu. Itulah mengapa matematik dan Fisika bukan ilmu terawang yang bisa di kerjakan hanya dengan melihat soalnya saja.


Kelima : ajari teman dan orang lain mengenai materi yang telah kamu kuasai


There's no better way to ensure you understand something than to teach that concept to somebody else.

Kerja kelompok adalah metode paling tepat untuk belajar matematik dan Fisika. Tanya teman kalian apabila mereka masih belum mengerti konsep yg kalian sudah mengerti dan ajari mereka. You'll be surprised how well you will know that information afterward, even for years into the future. Dengan bgitu, kita mungkin akan di hujani pertanyaan pertanyaan. Saat itulah pemahaman dan konsep kita akan benar benar di uji. Understand kah kita dalam mengerjakannya?



Keenam : Memberi penghargaan pada diri sendiri



janjikan hal hal positif jika kalian bisa mengerjakan atau memahami sebuah materi Matematika atau pun Fisika. Dengan begitu, kalian akan memiliki tambahan motivasi untuk memacu kreativitas dan semangat untuk lebih memahami dan mengerjakannya. Sekaligus ini sebagai refreshing untuk membuat diri lebih rileks dan tak setrees. Nature is a silent guy, but it tells you everything.


Ketujuh : Minta Doa Restu


Cium tangan ortu ketika akan berangkat sekolah atau kuliah. Hanya melalui restu mereka lah kalian bisa sukses. Setiap kalian mencium tangan ortu, ingatlah dalam hati mereka berkata "Doaku menyertaimu selalu, nak". Tuhan tidak akan membuka jalan kepada orang yg tidak menghormati orang tuanya.

Dan ingat, jangan selalu menyalahkan guru di sekolah ataupun dosen di tempat kuliah. Mereka adalah wali kita di tempat kita belajar. Hormati mereka. Kalau mereka tidak bisa menyampaikan materi dengan baik, don't let your self stuck in it, keep moving and studying unless you are letting yourself doing stupid thing by always blaming somebody else for not making you understand something. They are not responsible for your life, but you are.


Kedepalan : Berdoa Kepada Allah SWT 


Allah Ta'ala berfirman: "Tuhanmu semua berfirman: Berdoalah engkau semua padaKu, pasti Aku mengabulkan doamu semua itu." (Al-Mu'min: 60)

Mungkin, firman itu sudah bisa menjelaskan semua hal mengenai pokok bahasan Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika , dan bisa di bilang ini yang terakhir. Setelah usah , maka doa pun juga.


Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika  ini merupakan pemikiran kaskuser yang telah saya re-write dengan penambahan kata kata saya. Saya akui, saya sendiri lupa siapa ID kaskuser tersebut. Hehehe


Jika sudah selesai membaca Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika jangan lupa untuk mempraktekkannya untuk belajar Matematika dan Fisika. Ya, biar di kira tak cuman omong kosong doing yang tak bisa di buktikan kebenarannya. 


Sumber : Kaskus.co.id


Tips Yang Lain



Tag : REMAJA
7 Komentar untuk "Tips dan Trik Untuk Menguasai Fisika dan Matematika"

Mempelajari ilmu fisika sma matematika ternyata juga ada trik nya,,,
mantap nih bro.

Artikel yang bagus...
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

makasih tipsnya. Berdoa sebelum berusaha

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Komputer, Kursus Jarak Jauh

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top