Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

Manfaat sinar Matahari




Assalamu’alaikum...

Dewasa ini Manfaat sinar Matahari, banyak yang menganggap sinar matahari adalah sebuah bahaya yang harus di hindari. Banyak orang berkata karena sinar UV yang bisa 
membahayakan kulit kita. Namun, perlu kita ketahui, memang benar sinar UV itu bisa merusak kulit kita, tapi di sisi lain sianr UV bisa membantu kesehatan kita. Loo??? Kok bisa?? Ya bisalah... ingat !! Allah SWT selalu menciptakan segala sesuatu ada hikmah dan manfaatnya!! Seperti sinar UV yang pada saat tertentu menjadi menyehatkan!!!

Pada Pukul 09.00-15.00 Sangat Buruk
Pada Pukul 15.00-17.00 sangat Baik

-Manfaat sinar Matahari harus kita mengerti-
Lantas apa kebaikan dan keburukan di sinar UV ini?? Berikut ulasannya yang sangat membantu kalian pada artikel Manfaat sinar Matahari.

Dampak Positif :
1.    Sinar matahari dapat membunuh mikroba. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yg susah untuk dicuci. Paparan sinar matahari membuat kulit tampak cerah dan meningkatkan elastisitas. Sinar matahari terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
2.    Sinar matahari meningkatkan suasana hati dan mood. Sinar matahari juga membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis endorfin. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap.
3.    Sinar matahari mengurangi insomnia, paparan sinar matahari meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari, hormon ini membantu kita tidur lelap.
4.    Sinar matahari mengurangi gula darah. 
Bahaya matahari bagaikan insulin yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glycogen), yang tersimpan di hati dan otot, sehingga menurunkan gula darah.
5.    Sinar Matahari meningkatkan kebugaran pernafasan. 

Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan.  Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.

6.    Kulit mensintesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari, vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yg membuat tulang menjadi kuat. Sinar matahari mencegah rachitis pada anak2 dan osteoporosis pada lanjut usia
7.    Dalam dunia kesehatan digunakan sebagai seterilisator untuk alat-alat kesehatan dan seterilisasi ruangan operasi.

8.    Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yg dapat menghambat pengembangan sel kanker, paparan sinar matahari yg teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit kanker usus, payudara, lukemia.
9.    Paparan sinar matahari memperkuat sistem kardiovaskuler, meningkatkan sirkulasi darah, denyut nadi, tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol
10. Sinar matahari menigkatkan fungsi hati, yg efektif dalam mengobati penyakit kuning.
11. Membantu kerja ginjal, saat matahari panas tubuh mengeluarkan air melalui keringat.
12. Matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolik melalui stimulasi tiroid.
13. Sinar matahari membantu dalam penyehatan mata. Semakin jarang anak terkena sinar matahari maka anak tersebut akan menjadi orang yang gterkena dampak yaitu mata miopi
14. Sinar matahari juga menolong meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.
15. Bahkan jika kita tak terkena sinar matahari bisa bisa kita akan membuat tubuh menjadi pemalas. Susah bangun tidur. Seperti yang di lansir di detik health. Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu hormon yang bikin tidur. Kekurangan cahaya berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas.
Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahayamatahari di pagi hari.
“Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran,” jelas Figueiro

INGAT KAWAN... SINAR MATAHARI AKAN BERDAMPAK POSITIF PADA PUKUL 06.00-09.00 dan 15.00-17.00. jadi saat matahari di siang bolong melebihi sunder bolong, yaitu saat jam 09.00-15.00 itu malah berdampak negatiF!! Lantas apa dampak negatifnya???mari kita simak...

Dampak Negatif :

BAHAYA SINAR UV PADAKULIT di artikel Manfaat sinar Matahari

Pada dasarnya, kulit manusia dilengkapi dengan perlindungan alami dari sinar matahari yaitu pigmen melanin. Kulit yang gelap menandakan kandungan pigmen dalam jumlah banyak, begitu juga sebaliknya. Penelitian membuktikan bahwa semakin banyak pigmen, semakin kecil kemungkinan seseorang terkena kanker kulit karena pigmen berfungsi sebagai penangkal dampak sinar UV yang dipancarkan matahari. Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam.
Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai. Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari.

BAHAYA SINAR UV PADA MATA
Radiasi sinar UV pada mata akan menyebabkan terjadianya reaksi oksidasi pada lensa mata yang akan menimbulkan kekeruhan pada lensa sehingga timbullah penyakit yang disebut katarak, juga kerusakan pada kornea dan retina.

Semoga Bermanfaat ya artikel Manfaat sinar Matahari ini..  tinggalin comment ya..
Wassalamu’alaikum..
Tag : SCIENCE
3 Komentar untuk "Manfaat sinar Matahari"

benar2 bermanfaat sinar matahari. tp klo di indonesia,trutama dlm pemanfaat bahan bakar alternatif pngganti minyak dan batu bara blom dapat dimaksimalkan

@vicio : ini semuakan tergantung SDM dan Teknologi negara kita.. :)

matahari merupakan salah satu ciptaan Allah yang sangat besar manfaatnya buat kehidupan manusia. itulah kebesaran Allah bukti cinta Allah kepada manusia...

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top